Analisis Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Online
(Studi Kasus Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Toraja)
DOI:
https://doi.org/10.47178/2qt88j49Abstract
This study aims to determine whether the Online Birth Certificate Service Innovation at the Departement of Population and Civil Registration of Tana Toraja Regency has been running well. The benefit of this research is that it can contribute ideas, information for the Partement of Population and Civil Registration of Tana Toraja Regency to improve service in the implementation of making online birth certificates. This research was conducted using qualitative methods with data collection techniques namely interviews, observation, and documentation. Data analysis shows that the birth certificate service innovation that is being carried out is service innovation in a new way in interacting whit the community whit birth certificate registration service through WhatsApp media sending complete files or requirements for making birth certificate to the Population and Civil Registration Office of Tana Toraja Regency. Although the public does not understand about making birth certificates online, most of the people participate in the online birth certificate service program which is implemented at the Office of Population and Civil Registration of Tana Toraja Regency
Downloads
References
Anggraeny, C. (2013) Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Jagir Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 1 (1), ISSN 2303 – 34IX.
Achmad Dwiky Kurniawan, (2015) Inovasi Pelayanan Publik (studi Deskriptif Tentang Inovasi Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Lamongan).
Aprilia Malik, Siswidiyanto, Endah Setyowati yang berjudul “(Perencanaan Program Akta Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Akta Kelahiran (Studi Pada Disdukcapil Kabupaten Banyuwangi)”. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang. Volum 1, Nomor 5 Halaman 1025-1032.
Drucker, Peter, F (2012). Proses Inovasi Produk Pada PT Mekar Usaha Nasional.
Agora, Jurnal Manajemen Bisnis, 4(2), 338-344.
Dwiyanto, (2013). Reformasi birokrasi Publik di Indonesia, bersama Agus Dwiyanto, Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gaja Mada.
Eric S. Holle, Pelayanan Publik Melalui Electronic Government: Upaya Meminimalisir Praktek Maladminitrasi Dalam Meningkatkan Public Service, Jurnal Sasi Vol.17, hal 23, No.3 Bulan Juli-September 2012.
Fitriana, Diah Nur. (2014). Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng). Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. Pp 1-10
Herdiansyah.2018. Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta : Gava Media
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Raja Grafindo Persada : Depok
Henry S. Siswosoediro. 2012. Mengurus Surat-surat Kependudukan (identitas diri).Jakarta : Visimedia.
Haqie, Z.A., Nadia (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JSP: (Jurnal of public sector inovations), 5(1), 23, https:// doi.org/10.26740/jpsi.V5n 1. P23-30.
Jati, W. R. (2012). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Publik, 15(1), 68-78.https://doi. Org/10.22146/jsp. 10926.
Kotler, Sinambela, LijanPoltak, Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi, (Jakarta: PT. BumiAksara, 2012).
Ladiatno Samsara, Inovasi Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi (Studi Tantang Peningkatan Kualitas Pelayanan Surat Perjalanan Publik Indonesia Di Kantor Imigrasi Klas 1 Khusus Surabaya), jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Volum 1, Nomor 1 (2013)
Makmur dan Thahier, R. (2015).Inovasi & Kreativitas Manusia. Bandung: PT RafikaAditama.
Mukarom, Zaenal., Muhibudin Wijaya Laksana. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance.Bandung: Pustaka Setia.
Nuriyanto, Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, Volum 11, Nomor 3.
Pratama , M Rizky.(2013). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Nilai Tambah Inovasi Pelayanan Perizinan Bagi Masyarakat Di Kota Kediri). Volume 1.Journal.unair.ac.id/inovasi-pelayanan-publik-%28studi-deskriptif-article5553.
Rina Mei Mirnasari, Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purbaya-Bungurasih, Volum 1, Nomor 1, Januari 2013.
Suryati, Lili. (2015). Manajemen Pemasaran: Satuan Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sugiono,(2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta
Sry Muliati, (2015) Skripsi: Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pangkep.
Sediawan , R (2019). Analis Menciptakan Kualitas Pelayanan Untuk Mengara pada Kepuasan Konsumen, Ilmu Komunikasi. (J-IKA), II(1), 1-10.
Tjiptonofandy, Strategi Pemasaran Edisi Pertama (Yogyakarta: Andi Ofsed).
Udang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Yayat Rukayat, Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu, Jurnal Kualitas Pelayanan Publik, Volum 11, Nomor 2.
Yanuar, R. M (2019). Inovasi Pelayanan Publik (Studi Kasus: Publik Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantul Sebagai layanan kesehatan) Jurnal Ilmu Pemerintahan, 4(1),1-20.Retrieved From https:// ojs. umrah. ac. id/ Index. Php/kemudi/article/view/1335.