Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Kripik Talas Fitri Di Rantepao Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/jesit.v2i2.1442Keywords:
Keywords: Marketing Mix Strategy, Product, Price, Place, And PromotionAbstract
This study aims to determine the Marketing Mix Strategy in the Taro Fitri Chips Business in Rantepao, Toraja Regency which includes product, price, place, and promotion. The type of research used in this research is descriptive research method. Descriptive research method is research that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people or observable behavior. Techniques and procedures for data collection were conducted by interview, observation and documentation.
The results obtained in this study: 1) The product strategy at Kripik Talas Fitri includes product diversity, product quality, product packaging, and service. 2) Pricing strategy includes price lists and discounting prices for customers. 3) Place strategy includes location. 4) Promotional strategies include advertising, direct sales, through social media, and distribution of name stickers in restaurants and cafes where products are stored.
Keywords: Marketing Mix Strategy, Product, Price, Place, And Promotion
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Bauran Pemasaran Pada Usaha Kripik Talas Fitri Di Rantepao Kabupaten Toraja yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Metode penelitan deskriptif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-arang atau perilaku yang dapat diamati. Teknik dan prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi,.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1 ) Strategi produk yang ada di Kripik Talas Fitri meliputi keragaman produk, kualitas produk, kemasan produk, dan pelayanan. 2) Strategi harga meliputi daftar harga dan pemberian potongan harga bagi pelanggan. 3) Strategi tempat meliputi lokasi. 4) Strategi promosi meliputi periklanan, penjualan langsung, melalui media sosial, dan pembagian stiker nama di ruamah amakan dan cafe-cafe tempat penitipan produk.
Kata Kunci: Strategi Bauran pemasaran, Produk, Harga, Tempat, Dan Promosi
Downloads
References
Daftar Pustaka
Alma, Buchari .(2002). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
.............., (2005). Manajemen Pemasaran dan Jasa. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.
Assauri, Sofjan. (2004) Manajemen Pemasaran, edisi 1. Jakarta : PT. Raja Grafindo.
.............., (2013). Manajemen Pemasaran : Dasar, konsep dan strategi, Jakarta : Rajawali Pers.
Astuti, Yuli (2005). Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volumen Penjualan Pada Toko KPRI IKHLAS Kandepag Kota Surakarta.
Boone, Louis E. Kurtz, David L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.
Dharmesta, dan Irawan, ( 2000). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ll, Liberty, Yogyakarta.
Downey , (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga.
Fandi, Tjiptono. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi 1, Yogyakarta : Andi Offset (2017:3), Strategi Pemasaran. Edisi 3, Yogyakarta
Fred R, David. (2011). Strategi Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.
Freddy, Rangkuti,. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Gramedia Puastaka utama.
Harper, Boyd W. dkk, (2000). Manajemen Pemasaran - Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global edisi 2, jilid 2, Jakarta : Erlangga.
Kawet, Elet, & Tumbel (2014). Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel Manado.
Khoiruman, (2006) Analisis Strategi Pemasaran. Laboratorium Bahasa Pada CV. Duta Internasional Batu- Malang.
Kismono, Gugup. ( 2001). Bisnis Pengantar. Yogyakarta : BPFE.
Kotler, Philip. (2000). Marketing Manajement. Edisi Milenium, Jakarta : Prenhallindo.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
................, (2008 :117). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta Erlangga.
Kotler, P ., dan Keller, K. L., (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta Erlangga.
Laksana Fajar, (2008). Manajemen Pemasaran, edisi pertama, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Mariotti, Jhon . (2002). Smart Marketing . Jakarta: PT. Gramedia.
Rasyiiqoh, Fildzahsalsabila.(2014). Strategi Bauran Pemasaran Umroh PT. Alia Indah Wisata.
Sabran, Bob.(2014:27).” Manajemen pemasaran”, Penerbit. Erlangga
Swastha, Basu., D.H & Irwan. (2000). Manajemen Peamasan Modern. Edisi Kedua Cetakan Keempat. Yogyakarta: Liberty.
William, Stanto. J. (2002). Prinsip Pemasaran. terj. oleh Alexander Sindoro Jakarta : Erlangga.