PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CAFE WAI TEMAN MINUM KAMU DI KECAMATAN RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/jesit.v2i2.1441Keywords:
: price, service quality and customer satisfaction.Abstract
Abstract
This study aims to determine the effect of price and service quality on customer satisfaction at Cafe” Wai Teman Minum Kamu” in Rantepao District, North Toraja Regency. The type of research used in this research is descriptive quantitative research using multiple regression analysis techniques. The data collection method is by using a questionnaire / questionnaire. The population used are consumers who have come to Wai Teman Minum Kamu Cafe, while the method used to determine the number of samples is using the Slovin formula as many as 65 people. The results of the study stated that price had a significant effect on customer satisfaction, while service quality had no significant effect on customer satisfaction.
Keywords: price, service quality and customer satisfaction.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe “Wai Teman Minum Kamu “ di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda.Metode Pengumpulan data yaitu dengan mengunakan angket / kuosiener. Populasi yang digunakan adalah para konsumen yang pernah datang di Café Wai Teman Minum Kamu, sedangkan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah menggunakan rumus Slovin sebanyak 65 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci : harga, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Faradisa, I., Budi, L., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFÉ). Journal of Management, 2(2), 1–13.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analisis Harga ,Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keupasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3(1), 1313–1322.
Handoko, B. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Titipan Kilat Jne Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (11th ed.) Benyamin Molan, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks
Kotler & Amstrong 2004. Priciples of Marketing Global 14th edition. New Jersey: Prentice.
Kotler, P. & Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke 12. PT Indeks, Jakarta.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., PT, E. G., Analisis, H., Pelayanan, A. K., Fasilitas, L., & Putra, net B. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).
Lupiyoadi (2001) Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.
Payne, Adrian, (2000), Pemasaran Jasa, Cetakan I, Edisi I, Penerbit Andi offset, Yogyakarta.
Ria, Indhryani. (2014). Ukur Tingkat Kepuasan Pengguna, IPhone 5S Duduki Peringkat Pertama. p. diunduh dari http://bandung.bisnis.com/.
Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA CAFE DAN RESTO CABANA MANADO. 2(3), 1803–1813.
Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. CV. Linda Karya, Bandung.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset. 2004. Service Management, Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: Andi. Sembiring,
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Python Cookbook, 706. http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781449340377
Yuliana. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LITTLE WHITE CAFÉ KOTA BANDUNG. 2(2), 9–19.
Yusra, I., & Nanda, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’Poll Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 161. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.173