Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisis Pola Pengunjung Objek Wisata Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/7m1dc941Keywords:
Data mining, Algoritma apriori,, support, counfidence, orangeAbstract
Objek pariwisata merupakan salah satu pusat pelayanan wisata yang terletak di Toraja . Data pengunjung
objek wisata semakin meningkat setiap harinya namun data pengunjung objek wisata yang di jadikan sebagai
patokan untuk menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan. Ketika data pada kunjungan objek wisata tersebut diolah
dapat menjadi sebuah informasi yang berguna untuk pengembangan pada setiap objek wisata. Terhadap kondisi
tersebut dibutuhkan sebuah metode yang dapat mengubah hamparan data tersebut menjadi sebuah informasi atau
pengetahuan yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan dalam pola pengunjung. Salah satu
metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Apriori dan diimplementasikan pada
aplikasi Microsoft Excel. Jumlah objek wisata dalam penelitin ini 6 (Ke’te Kesu, Londa, To’Tombi, Buntu
Burake, Pango-Pango, Kolam Alam Limbong) penelitian tersebut menghasilkan data berupa data kunjungan pada
parisiwata di Toraja dengan 60 sampel kunjungan wisata pada enam tempat wisata diketahui pada data final
tempat wisata yang sering dikunjungi adalah komlam Alam Lombong dan londa dengan nilai support 30% dan
confidence 88%. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu Penerapan algoritma apriori pada data mining
sangat efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan pola pengunjung dan penelitian ini dapat dijadikan
sebagai rekomendasi pola pengunjung sehingga mempermudah pengelolah objek wisata dalam memberikan
pelayanan