Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Dengan Menggunakan Strategi Giving Question – Getting Answer Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Indahnya Keberagaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v3i1.998Keywords:
Keterampilan Bertanya siswa, strategi giving question-getting answerAbstract
Pada penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan strategi giving question-getting answer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan strategi giving question-getting answer dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa dengan menggunakan strategi giving question-getting answer pada pembelajaran tematiktema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku pada siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalalah Penelitian Tindakan Kelas dan penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 20 siswa 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan focus dalam penelitian ini adalah guru yaitu melihat bagaimana guru menerapkan atau mengajarkan suatu pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku dan siswa yaitu melihat keterampilan bertanya siswa dalam proses pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman budaya di negeriku.
Hasil pada penelitian menunjukkan dengan strategi pembelajaran giving question-getting answer dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku, baik dari segi aktivitas mengajar guru maupun aktivitas belajar siswa. Hal ini dilihat dari aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus 1 menunjukkan belum mencapai hasil keterampilan bertanya secara maksimal atau ketuntasan bertanya siswa mencapai 45 % dan ketidaktuntasan belajar mencapai 55 %. Pada siklus II mengalami peningkatan karena berada dalam kategori tinggi, ketuntasan bertanya siswa sudah mencapai 85 % , sedangkan ketidaktuntasan hanya 15 %.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Strategi giving question-getting answer keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran tematik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku pada Siswa kelas IV SDN 19 Sa’dan Kabupaten Toraja Utara Meningkat.