Repsentasi Media Kantong Prestasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Nilai Tempat Pada Siswa Kelas II Di SDN 116 Rantekasimpo Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • zatman payung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Endang Cahya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v3i1.988

Keywords:

Media kantong prestasi, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi menentukan nilai tempat  Kelas II SDN 116 Rantekasimpo Kabupaten Tana TorajaTahun Pelajaran 2019/2020 masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa tidak memperhatikan gurunya, kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan guru dan siswa jarang bertanya meskipun belum paham materi. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah merepresentasikan media kantong prestasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “apakah representasi kantong prestasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi tempat bilangan bagi siswa kelas II SDN 116 Rantekasimpo? Tujuan khusus penelitian ini untuk meningkat hasil belajar dengan representasi media kantong prestasi pada siswa kelas II SDN 116 Rantekasimpo Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian adalah data aktivitasi guru dan siswa dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 116 Rantekasimpo Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dimana pada siklus I adalah 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi  86,67%.

Downloads

Published

2020-06-30