PCK (Pedagogical Content Knowledge) Awal Guru Sekolah Dasar dalam Mengajarkan Konsep Kalor: A Case Study
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v3i1.877Keywords:
Pedagogical Content Knowledge, Content Representations, KalorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCK (Pedagogical Content Konowledge) awal guru sekolah dasar dalam mengajarkan konsep kalor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis peneltian a case study dimana dilakukan kajian secara mendalam terhadap suatu individu. Subyek penelitian dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling yang merupakan salah satu wali kelas yang mengajarkan IPA di kelas V SD yang selanjutnya disebut dengan inisial guru Faisal dalam penelitian ini. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar CoRe (Content Representations) dengan wawancara yang mendalam terhadap subyek penelitian. Hasil yang ditemukan adalah kemampuan PCK guru Faisal dalam mengajarkan konsep kalor masih berada pada kategori pre-PCK artinya guru belum bisa menemukan keterkaitan antara pengetahuan konten kalor dengan pengetahuan pedagogiknya. Hal ini dikarenakan kurangnya referensi yang digunakan guru sehngga menyebabkan penguasaan konsep guru pun masih kurang yang berdampak pada kemampuan PCK guru Faisal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait perkembangan kemampuan PCK Guru dalam mengajarkan konsep kalor dengan terlebih dahulu memberikan pelatihan dan menerapkan lewat lesson study.