Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Aprilia Mangalik Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.857

Keywords:

Penggunaan alat peraga, hasil belajar

Abstract

Penggunaan alat peraga bangun ruang mengarahkan kita ke dalam mendesain pembelajaran untuk membantu siswa sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan penggunaan alat peraga bangun ruang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 337 Inpres Maulu dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan, pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Prosedur pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara dan tes formatif. Data hasil belajar diperoleh dari nilai tes siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dari 14 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 57,14% dengan kualifikasi cukup, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus II dengan hasil penelitian siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dari 14 siswa dengan persentase ketuntasan mencapai 85,71% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

Downloads

Published

2020-01-31