Penerapan Pendekatan Science Technology Society Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Tikala Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v2i1.614Keywords:
Pendekatan Science Technology Society, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 5 Tikala Kabupaten Toraja Utara dengan menerapkan pendekatan Science Technology Society. Dalam penerapannya siswa harus aktif dan ikut menentukan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Tikala, Kabupaten Toraja Utara. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas V SDN 5 Tikala yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siklus I mencapai rata-rata 59,62%, ketuntasan 12,5%, ketidaktuntasan 87,5% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar mencapai rata-rata 84,07%, ketuntasan 100%, dan ketidaktuntasan 0% dengan kriteria sangat baik.