Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman

Authors

  • Maria Melani Ika Universitas Sanata Dharma
  • Yustina Dini Putranti Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i1.613

Keywords:

Penerapan, pendidikan karakter berbasis kelas, kuantitatif deskriptif metode survei

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Sleman saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 guru dengan jumlah sampel 128 guru. Perhitungan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas sudah menerapkan program Penguatan Pendidikan Karakter berbasis kelas dengan memperhatikan 3 aspek. Pada aspek sosialisasi sudah diterapkan sebesar 83,75%, aspek pra observasi sebesar 97%, dan aspek observasi kelas sebesar 96,71%. Hal itu ditunjukkan dengan guru yang sudah mendapatkan informasi PPK, melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin, mengawali doa sebelum memulai pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu wajib, dan lagu daerah pada awal dan akhir pelajaran, menyisipkan nilai karakter pada RPP, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, dan memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang karakter yang dituangkan dalam RPP.

Published

2019-06-16