Hubungan Antara Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 101 Makale 4

Authors

  • Irene Hendrika Ramopoly Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hakpantria Hakpantria

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i1.610

Keywords:

Lingkungan belajar di sekolah, prestasi belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 101 Makale 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 101 Makale 4, Tana Toraja. Populasi penelitian ini berjumlah 55 siswa, dengan sampel sebanyak 55 siswa, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,673, dan terdapat hubungan yang erat antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,673 lebih besar dari pada ?tabel yaitu 0,266.

Downloads

Published

2019-06-12