Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V SD Kristen II Makale Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v2i1.609Keywords:
Belajar Sains, pesawat sederhanaAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi secara global telah mengalami berbagai perkembangan. Hal ini dapat dilihat dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Belajar Sains bukan hanya sekedar menghafalkan konsep dan prinsip Sains, melainkan dengan pembelajaran Sains diharapkan siswa dapat memiliki sikap dan kemampuan yang berguna bagi dirinya dalam memahami perubahan yang terjadi di lingkungannya. Tujuan Sains diajarkan di Sekolah Dasar adalah untuk membina dan menyiapkan peserta didik agar nantinya peserta didik tanggap dalam menghadapi lingkungannya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Kristen II Makale, dengan jumlah siswa 15, yaitu 8 orang putra, dan 7 orang putri. Penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran pokok bahasan pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen II Makale Kabupaten Tana Toraja. Hal ini terbukti adanya perkembangan aktivitas belajar dari siklus pertama dengan kualifikasi Baik ke siklus kedua dengan kualifikasi Sangat Baik.