Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discusion Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 232 Inpres Dulang
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v1i2.502Keywords:
Keterampilan menulis, model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group DiscusionAbstract
Pendidikan tidak pernah terpisah dengan kehidupan manusia. Dengan pendidikan, manusia dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi manusia berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discusion pada siswa kelas III SDN 232 Inpres Dulang. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan prestasi sekolah yang dapat dilihat dari peningkatan keterampilan dan prestasi menulis siswa, 2) Meningkatkan mutu sekolah melalui peningkatan hasil menulis. Model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discusion merupakan metode diskusi kelompok yang tidak direncanakan sebelumnya, tetapi dilaksanakan secara spontan dan sederhana. Teknik pelaksanaannya pun sederhana, yaitu meminta siswa berkelompok dan berdiskusi tentang sesuatu. Setelah itu, guru memanggil kelompok itu satu persatu untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan siswa dengan model pembelajaran Spontaneous Group Discusion yang digunakan membuat siswa senang dan santai dalam belajar sehingga menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus. Siklus I pada pertemuan kedua dengan kualifikasi baik degan persentase 79,48% dan pada siklus II pertemuan kedua pada kualifikasi sangat baik dengan persentase 87,17%. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discusion dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III SDN 232 Inpres Dulang.