Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai Kearifan Lokal Toraja Menggunakan Mind Mapping pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra Indonesia, Prodi PGSD UKI Toraja Tahun Ajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v1i2.501Keywords:
Pembelajaran mengidentifikasi, Nilai-nilai Kearifan lokal, Mind MappingAbstract
Apresiasi adalah menilai, menghargai, serta membandingkan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni. Nilai moral adalah suatu pengukur apa yang baik dan apa yang buruk dalam kehidupan masyarakat, juga dapat diartikan sebagai sikap atau perilaku, tindakan, kelakuan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu hal dan memiliki nilai positif di mata manusia lainnya,.Berdasarkan survey awal pada mahasiswa Pengampuh mata kuliah Apresiasi Sastra, 60% dari mereka memiliki tingkat apresiasi sastra, secara khusus pada cerita (prosa). Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman mereka dalam memahami cerita. Jika ini dibiarkan maka kelak mereka pun akan kesulitan dalam mencapai tujuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara khusus untuk apresiasi Sastra (Prosa) Indonesia. Berkenaan dengan penjelasan diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai: Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Dongeng Toraja menggunakan Mind Mapping pada Mata Kuliah Apresiasi Sastra Indonesia,PGSD UKI Toraja T.A 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai pelaksanaan pembelajaran Apresiasi yang akan melatih mahasiswa dalam mengidentifikasi Nilai Kearifan Lokal dalam Dongeng Masyarakat Toraja. Upaya pencapaian tujuan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui Metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretes-postes design, dengan teknik penelitian studi pustaka, uji coba,observasi, tes dan Analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Pengampu Mata Kuliah Apresiasi Sastra Indonesia PGSD UKI Toraja T.A 2017/2018. Adapun hasil penelitiannya yaitu rata-rata nilai kumulatif perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar3,32. Nilai tersebut masuk dalam kategori Baik. Hasil rata-rata nilai pretes adalah 46% dan nilai postes sebesar 71% dengan selisih 25%. Hasil perhitungan statistil dengan hasil 16,80>0,32 dengan tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 35. Berdasarkan data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping dapat menolong mahasiswa dalam mengidentifikasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Dongeng Masyaraka Toraja.