Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • reni lolo tandung Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Harmelia Tulak
  • Eky Setiawan Salo

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v1i2.497

Keywords:

Perhatian orang tua, minat belajar, pretasi belajar IPS siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (i) Untuk mengetahui pengaruh  perhatian orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. (ii) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. (iii) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas III, IV dan V SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah 18 siswa dan 18 orangtua siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuanyang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian siswa yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Ketiga,terdapat pengaruh positif secara bersama - sama  antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV, dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara.

Downloads

Published

2019-01-31