STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN BERCERITA UPAYA MEMUSATKAN PERHATIAN BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 190 LEMO MALIMBONG
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.406Keywords:
Strategi Pembelajaran melalui kegiatan bercerita, pemusatan perhatian Teori Visualisasi dan VerbalisasiAbstract
Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat di bidang teknologi dan informasi, memberi dampak pada perkembangan kejiwaan anak secara khusus pada konsentrasi anak dalam belajar. Salah satu peran guru adalah membangun apersepsi dan terus mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang terarah dan kondusif. Kegiatan bercerita adalah salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam menarik perhatian siswa guna membangun dan meningkatkan daya konsentrasi belajar siswa. Kegiatan bercerita ini dianggap mampu memberikan pengalaman interaksi yang beragam bagi anak untuk mengembangkan daya imanjinasi dan kreatifitas siswa yang dijadikan alat bantu guru dalam memusatkan perhatian mereka untuk mengikuti pembelajaran. Jenis Penelitiannya adalah penelitian kualiatatif yang berjenis metode Analisis Konsep. Penelitian ini dilakukan di SDN 190 Lemo Malimbong, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi dari penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan bercerita dalam mengawali proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya konsentrasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi mengenai pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bercerita ini, digunakan dengan pendekatan memusatkan perhatian dan membuat catatan. Melalui tahapĀ gerakan-gerakan isyarat melalui interaksi langsung dengan, yakni 2 sistem tersebut adalah isyarat visual; misalnya gerak tubuh dan ekspresi mimik, dan isyarat verbal meliputi naik- turunnya suara, lambatnya pengucapan butir-butir penting, dan pengulangan informasi penting.