PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 110 TALLUBORONGNA
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.404Keywords:
prestasi belajar, matematika realistikAbstract
Matematika realistik adalah suatu teori tentang pembelajaran matematika yang menjadikan matematika lebih real kepada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SDN 110 Talluborongna yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar siswa, dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: (1) pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 52,03% dengan ketuntasan 34,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 61,50% dengan ketuntasan 38,46%. (2) siklus II pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 80,65% dengan ketuntasan 84,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 89,62% dengan ketuntasan 92,30%. Dari hasil penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 110 Talluborongna pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.