PENERAPAN METODE LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN INPRES 308 RANTEKARUA KEC. BITTUANG KAB. TANA TORAJA

Authors

  • theresyam kabanga universitas kristen indonesia toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.403

Keywords:

Metode Learning Community, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Metode learning community adalah hasil pembelajaran diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain, antarteman, antarkelompok, yang sudah tahu memberi tahu, yang belum pernah memiliki pengalaman membagi pengalamannya kepada orang lain, karena hakekat dari masyarakat belajar adalah masyarakat yang saling berbagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, wawancara, serta dokumentasi. TeknikĀ  analisis data yang digunakan ialah menelaah data, mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Untuk mengetahui keberhasilan penelitian, digunakan dua indikator yaitu, (1) indikator proses, tindakan dikatakan berhasil apabila pelaksanaannya mencapai 70% melalui data observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, (2) indikator hasil dikatakan berhasil apabila 80% dari keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar baik, melalui angket motivasi belajar siswa.

Hasil penelitian pada indikator proses yang diperoleh melalaui penerapan metode learning community di kelas IV SDN 308 Inpres Rantekarua siklus I yaitu 66.6% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II yaitu 76.92% dengan kategori baik. Sedangkan indikator hasil yang diperoleh dari angket motivasi belajar pada siklus I sebesar 74.8% dengan kategori motivasi tinggi, dan meningkat pada siklus II menjadi 81.55% dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi. Penerapan metode learning community pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 308 Inpres Rantekarua, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.

Downloads

Published

2018-09-29