MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN 5 RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.402Keywords:
Model Pembelajaran Course Review Horay, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan pendekatan data deskriptif kualitatif. Subjekpenelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Rantepao Kabupaten Toraja Utara, yang berjumlah 21 orang. Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, wawancara, dan observasi. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).