Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Topanus Tulak
  • Tadius Tadius

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.401

Keywords:

Hasil belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Abstract

Penelitian difokuskan pada proses belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 137 Sampean dengan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas yaitu dengan memberikan tes kepada siswa untuk memperoleh data hasil belajar dan data situasi proses pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan diperoleh melalui lembar observasi yang diamati selama proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,15% yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai ketuntasan 89,3% yang masuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.

Downloads

Published

2018-09-26