Efektivitas Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD Pada Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.47178/hbsn8s17Keywords:
supervisi, kompetensi pedagogik, Kepala Sekolah, kurikulum merdekaAbstract
Transformasi pendidikan melalui implementasi Kurikulum Merdeka menempatkan guru sebagai agen utama perubahan, sehingga menuntut penguatan kompetensi pedagogik secara sistematis dan berkelanjutan. Dalam konteks ini, supervisi klinis oleh kepala sekolah berperan penting sebagai strategi pembinaan profesional yang berfokus pada pengamatan langsung, umpan balik reflektif, dan kolaborasi dalam merancang pembelajaran yang berpihak pada kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar melalui metode kajian literatur terhadap berbagai hasil penelitian terkini. Hasil telaah menunjukkan bahwa supervisi klinis mampu memperkuat kemampuan guru dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, melaksanakan strategi belajar aktif, serta memanfaatkan asesmen formatif secara efektif. Supervisi yang dilakukan secara reflektif dan dialogis juga meningkatkan efikasi diri guru dan menciptakan budaya kolaboratif di lingkungan sekolah. Meskipun demikian, efektivitasnya seringkali terhambat oleh keterbatasan waktu, pendekatan birokratis, serta minimnya pelatihan kepala sekolah dalam aspek observasi instruksional. Oleh karena itu, disarankan agar kebijakan pendidikan memberi perhatian lebih pada penguatan kapasitas kepala sekolah sebagai supervisor akademik. Supervisi klinis yang dijalankan secara konsisten, adaptif, dan berbasis kebutuhan nyata guru berpotensi menjadi katalisator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang selaras dengan semangat Kurikulum Merdeka.
References
Aprilia, R., & Noviani, D. (2024). Efektivitas Supervisi Pendidikan dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Perspektif Kepala Sekolah dan Guru. Jurnal Penelitian Agama Islam, 12(1), 54–65.
Asyifah Nurhadi, M., A., & Syaifulloh, M. (2024). Supervisi Klinis Sebagai Strategi Meningkatkan Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 44–58.
Glickman Gordon, S. P., C. D., & Ross-Gordon, J. M. (2018). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Pearson Education Inc.
Hasan, M. (2019). Kendala Implementasi Supervisi Klinis dalam Praktik Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(2), 98–109.
Iman, T. (2025). Supervisi Klinis dan Perubahan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 1–15.
Kementerian Pendidikan Riset, K., & Teknologi. (2023). Laporan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2023. Kemendikbudristek.
Maulidiyah, H. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Songgokerto 03. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 3(1), 55–67.
Mudatsir Riwu, L., M., & Mustakim, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif. Jurnal FKIP Universitas Mulawarman, 6(1), 45–59.
Pratama, I. A. (2023). Supervisi Klinis dengan Metode Coaching untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Bulukerto 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 4(2), 112–120.
Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 78–92.
Wahyudin. (2021). Supervisi Klinis dalam Konteks Pembinaan Guru: Teori dan Aplikasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 123–134.







