Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Articulate Storyline

Authors

  • Yusup Nurdiansah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinn Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Effy Mulyasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47178/gbf2v703

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, Problem based learning, Articulate storyline

Abstract

Penelitiian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Dasar, sehingga pencapaian hasil belajar matematika siswa masih banyak yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbantuan media articulate storyline terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang dipakai berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang yang dilakukan dengan menguji hipotesis memakai bantuan SPSS versi 27.0. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memakai model PBL berbantuan media articulate storyline dengan siswa yang memakai model direct instruction. Peningkatan kemampun pemecahan masalah matematis siswa dari hasil uji gain ternormalisasi yaitu sebesar 0,55 dengan kategori peningkatan sedang. Maka bisa ditarik kesimpulan model PBL berbantuan media articulate storyline bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sdn 066 Halmun sebesar 55%.

References

Adiyatma, J., & Diyana, T. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Articulate Storyline Dengan Topik Gerak Lurus. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 67–74. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss1.953

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Evandel, K., Indrawan, E., Primawati, P., & Wulansari, R. E. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Projek Based Learning. Yasin, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.58578/yasin.v4i1.2467

Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 621–629. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558

Krisnawati Sriwahyuni dan Iyam Maryati. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279

Masrinah, Enok Noni, Arifin Ipin, G. A. A. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Nisa, S. A., & Wandani, R. W. (2023). Strategı Pemecahan Masalah Untuk Mengatası Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Sıswa Kelas I V Sekolah Dasar. 6(2), 242–249. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5351

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342/2836

Priwitasari, P., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Problem-Based-Learning Berbantuan Computer-Based-Test Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 206. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9217

Putra G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika: Implementasi Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 97–116. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6713

Ratnasari, E., Syahmani, S., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Materi Tekanan Zat. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(1), 34. https://doi.org/10.20527/i.v2i1.7384

Rusmin Husain, & Ditya Ibrahim. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365–1374.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.125

Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 01–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Winanto, A. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Tema 9. 4(6), 7378–7386.

Downloads

Published

2025-06-10