Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Kelas V SD 4 Bulungcangkring

Authors

  • Auliya Saadatul Abadiyah Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
  • Rihayati SD 04 Bulungcangkring

DOI:

https://doi.org/10.47178/n8y37h06

Keywords:

Kolaborasi, PjBL, IPAS

Abstract

Salah satu kompetensi yang diperlukan pada pembelajaran Abad-21 adalah keterampilan kolaborasi. Keterampilan ini melatih agar peserta didik dapat bekerja sama dan bertoleransi dalam kegiatan diskusi berkelompok. Penelitian ini merupan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang betujuan untuk mengetahui keterampilan kolaborasi peserta didik  melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas 5 SD 04 Bulungcangkring. Subjek penelitian terdiri dari 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran PjBL dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keterampilan kolaborasi pada penelitian pra siklus menunjukkan rata-rata sebesar 59% peserta didik yang memiliki keterampilan kolaborasi yang baik. Setelah dilakukan Tindakan siklus I rata-rata kemampuan dalam berkolaborasi menjadi 71%. Setelah dilakukan Tindakan siklus II keterampilan kolaborasi meningkat sebesar 85%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi pada kelas 5 SD 04 Bulungcangkring dengan menggunakan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPAS materi sistem pencernaan.

References

Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., Gilaa, T., Abdullah, G., Rukmana, L., Rohman, T., Sahib, A., & Simal, R. (2024). Model-Model Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. PT. Penerbit Qriset Indonesia.

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 143–149. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330

Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 319–326.

Fitriani, R., & Lestari, P. (2021). Kolaboratif Learning dalam Pembelajaran IPAS Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran SD, 5(2), 102–110.

Haimima, D. I. (2022). Analisis Kemampuan Kolaborasi Siswa dalam Belajar (Studi Deskriptif Di Kelas Tinggi MIN 1 Kota Mataram). Universitas Islam Negeri Mataram.

Hendrawati, R., Winanto, A., & Kristanti, H. S. (2024). Upaya Peningkatan Collaboration Skills Peserta Didik SD Melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL). SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p1-7

Hidayah, S. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Se-Kecamatan Kartasura Tahun Ajaran 2023/2024. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 447–460. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391

Kabanga’, T., Tulak, T., & Buli, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Siswa Kelas IV SDN 101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.47178/elementary.v1i2.500

Kusuma, R. A., Khamdun, & Riswari, L. A. (2024). Pengembangan Media TESBOM (Teka-Teki Silang Blended Of Matter) Berbasis Digital Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kappa Journal, 8(1), 159–164. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i1.25315

Mangalik, A., & Tulak, T. (2019). Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 24–36. https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.857

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646–1660. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2683

Ningrum, N. A., Pratiwi, I. A., & Riswari, L. A. (2023). Model Project Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 708–716. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1159

Ntobuo, N. E. (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif JIRE: Teori dan Aplikasinya. Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press.

Riswari, L. A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Masalah Matematis Siswa Kelas V SD Di Desa Sekuro. Journal Lensa Pendas, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3118

Rofiudin, A., Prasetya, L. A., & Prasetyo, D. D. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Di SMK: Peran Kerja Sama Siswa Dalam Meningkatkan Keterampilan Soft Skills. Journal of Education Research, 5(4), 4444–4455. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.672

Saputri, R. E., Rizkia, A. S., Afifah, & Sabibah, S. N. (2024). Peran Guru Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran Berbasis PjBL Kelas II (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1097

Syahputra, E. (2024). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10–13. https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.104

Tangkearung, S. S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Kemampuan Awal Berbeda [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/63350

Tangkearung, S. S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(3), 63–67. https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.1006

Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–29. https://doi.org/10.47178/rd91rp96

Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3, 67–76.

Tulak, T., Rubianus, & Maramba’, S. (2024). Optimizing Mathematics Learning Outcomes Using Artificial Intelligence Technology. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(1), 160–170. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n1a11

Tulak, T., Tangkearung, S. S., Tulak, H., & Paseno, E. W. (2023). Application of Meaningful Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes. Proceedings of the Online Conference of Education Research International (OCERI 2023), 664–675. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_66

Downloads

Published

2025-06-10