Strategi Pengelolaan Kelas Berdasarkan Kompetensi Sosial Emosional Guru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47178/vsf1za71

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Kompetensi Sosial Emosional, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru sekolah dasar berdasarkan kompetensi sosial emosional (KSE) yang dimilikinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai literatur ilmiah relevan yang terbit dalam 10 tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa KSE guru yang meliputi kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan kelas yang positif. Guru dengan kompetensi sosial emosional cenderung mampu mengelola kelas dengan pendekatan yang suportif, mendorong interaksi positif, dan mampu merespons perilaku siswa secara bijak. Namun, implementasi strategi pengelolaan kelas berbasis kompetensi sosial emosional masih menghadapi tantangan seperti kurangnya pelatihan, perbedaan karakteristik siswa yang dihadapi oleh guru, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, penguatan kompetensi sosial emosional guru perlu menjadi komponen penting dalam program pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini merekomendasikan integrasi kompetensi sosial emosional dalam kebijakan pendidikan untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang holistik, baik dari sisi akademik maupun kesejahteraan emosional siswa.

References

Aini, A., & Hadi, A. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104

Aluf, W. Al, Supriyatno, T., & Widodo, B. (2025). Pengelolaan Kelas di sekolah Dasar: Hambatan-Hambatan yang Dihadapi Guru dan Solusinya dalam Manajemen Kelas di SD Sana Tengah 1. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 781. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4227

Anita, Y., Kiswanto Kenedi, A., Dwi Febriani, R., & Azkiyah, N. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan Differentiated Learning pada Kurikulum Merdeka untuk Guru Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 5(4), 6180–6188. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31387

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Companies, Inc. https://hasanahummi.wordpress.com/wp-content/uploads/2017/04/connect-learn-succeed-richard-arends-learning-to-teach-mcgraw-hill-2012.pdf

Asdhar, H. J., & Yoenanto, N. H. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: A Literature Review. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 06(03), 115–125. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.29

Azman, Z. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136

CASEL. (2023). What is SEL? https://casel.org/fundamentals-of-sel/

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837

Firliandini, Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran Guru dengan Kompetensi Sosial Emosional dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Membangun Student Well Being pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 175–182. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1490

Hakim, F. L., Yusbowo, Patimah, S., Firdianti, A., Dilla, L. F., & Triana, N. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Tantangan Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 08(2), 342–350. https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.26758

Handayani, D. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Kegiatan Akademik di SMKN 2 Singosari. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 2024. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i4.2024.6

Jennings, P. A., & Greenberg, M. T. (2009). The Prosocial Classroom: Teacher Social and Emotional Competence in Relation to Student and Classroom Outcomes. Review of Educational Research, 79(1), 491–525. https://doi.org/10.3102/0034654308325693

Kartina, Wahira, & Wahed, A. (2021). Pengelolaan Kelas dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran di SD. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1, 30–37. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.24896

Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940

Kristina, F., Wakidi, & Jamal, N. A. (2023). Kendala-Kendala Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Swasta (Studi Analisis di SD Swasta Madang Jaya). IEMJ: Islamic Education Management Journal, 2(2), 45–53. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/iemj/article/view/214

Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., Hadi, R. T., Rizky, S. N., Turnip, L. R., & Tianda, N. D. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 279–285. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.853

Maulida, L. F., Lestari, G. P., Mustafidah, A. N., & Raharjo. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif Di Sekolah Dasar. Elementary Journal, 7(2), 2024. https://doi.org/10.47178/thnj6015

Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559

Putri, H. W. F., Nurhida, P., & Laeli, S. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332

Ramlan, & Nurdyansah. (2025). Educational Dilemma: Analysis of PPDB Threshold Rules on Learning Quality and Student Achievement in Elementary Schools. UMSIDA Preprints Server, 1–18. https://doi.org/10.21070/ups.7309

Salim, N. A., Subakti, H., Khairunnisa, Y., Rohman, A., & Hidayat, T. (2023). Analisis Pengelolaan Kelas di Kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1), 38–49. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1362

Santoso, W. T., Sutama, Haryanto, S., & Muhibbin, A. (2023). Implementasi Pengelolaan Kelas Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Seni Pertunjukan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 881–888. https://doi.org/10.58230/27454312.312

Schonert-Reichl, K. A. (2017). Social and Emotional Learning and Teachers. The Future of Children, 27(1), 137–155. www.futureofchildren.org

Silalahi, L., & Naibaho, D. (2023). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 151–158. https://doi.org/10.62017/merdeka

Sulle, D., & Tulak, T. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Siswa pada Pembelajaran Tematik. JKIP: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i1.1167

Tangkearung, S. S., Penggalo, I. S., & Bauung, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Kelas III SDN 4 Rantepao. Elementary Journal, 6(1), 2023. https://doi.org/10.47178/cx5pbh97

Weissberg, R. P., Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., & Gullotta, T. P. (2015). Social and Emotional Learning: Past, Present, and Future. The Guilford Press. https://www.researchgate.net/publication/302991262

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic: Social Emotional Learning (SEL) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21070/iiucp.v1i1.601

Downloads

Published

2025-06-10