Strategi Pengelolaan Kelas Berdasarkan Kompetensi Sosial Emosional Guru
DOI:
https://doi.org/10.47178/vsf1za71Keywords:
Pengelolaan Kelas, Kompetensi Sosial Emosional, Guru Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru sekolah dasar berdasarkan kompetensi sosial emosional (KSE) yang dimilikinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai literatur ilmiah relevan yang terbit dalam 10 tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa KSE guru yang meliputi kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan kelas yang positif. Guru dengan kompetensi sosial emosional cenderung mampu mengelola kelas dengan pendekatan yang suportif, mendorong interaksi positif, dan mampu merespons perilaku siswa secara bijak. Namun, implementasi strategi pengelolaan kelas berbasis kompetensi sosial emosional masih menghadapi tantangan seperti kurangnya pelatihan, perbedaan karakteristik siswa yang dihadapi oleh guru, serta keterbatasan sarana dan prasarana. Oleh karena itu, penguatan kompetensi sosial emosional guru perlu menjadi komponen penting dalam program pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini merekomendasikan integrasi kompetensi sosial emosional dalam kebijakan pendidikan untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang holistik, baik dari sisi akademik maupun kesejahteraan emosional siswa.
References
Aini, A., & Hadi, A. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Aluf, W. Al, Supriyatno, T., & Widodo, B. (2025). Pengelolaan Kelas di sekolah Dasar: Hambatan-Hambatan yang Dihadapi Guru dan Solusinya dalam Manajemen Kelas di SD Sana Tengah 1. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 781. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4227
Anita, Y., Kiswanto Kenedi, A., Dwi Febriani, R., & Azkiyah, N. (2024). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan Differentiated Learning pada Kurikulum Merdeka untuk Guru Sekolah Dasar. Communnity Development Journal, 5(4), 6180–6188. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.31387
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill Companies, Inc. https://hasanahummi.wordpress.com/wp-content/uploads/2017/04/connect-learn-succeed-richard-arends-learning-to-teach-mcgraw-hill-2012.pdf
Asdhar, H. J., & Yoenanto, N. H. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: A Literature Review. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 06(03), 115–125. https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.29
Azman, Z. (2019). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136
CASEL. (2023). What is SEL? https://casel.org/fundamentals-of-sel/
Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837
Firliandini, Waspada, I., Budiwati, N., & Susanto, S. (2023). Peran Guru dengan Kompetensi Sosial Emosional dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Membangun Student Well Being pada Sekolah Menengah. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 175–182. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1490
Hakim, F. L., Yusbowo, Patimah, S., Firdianti, A., Dilla, L. F., & Triana, N. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Tantangan Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. COLLASE: Creative of Learning Students Elementary Education, 08(2), 342–350. https://doi.org/10.22460/collase.v8i2.26758
Handayani, D. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Kegiatan Akademik di SMKN 2 Singosari. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(4), 2024. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i4.2024.6
Jennings, P. A., & Greenberg, M. T. (2009). The Prosocial Classroom: Teacher Social and Emotional Competence in Relation to Student and Classroom Outcomes. Review of Educational Research, 79(1), 491–525. https://doi.org/10.3102/0034654308325693
Kartina, Wahira, & Wahed, A. (2021). Pengelolaan Kelas dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran di SD. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1, 30–37. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i1.24896
Khotimah, A. K., & Sukartono, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940
Kristina, F., Wakidi, & Jamal, N. A. (2023). Kendala-Kendala Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Swasta (Studi Analisis di SD Swasta Madang Jaya). IEMJ: Islamic Education Management Journal, 2(2), 45–53. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/iemj/article/view/214
Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., Hadi, R. T., Rizky, S. N., Turnip, L. R., & Tianda, N. D. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 279–285. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.853
Maulida, L. F., Lestari, G. P., Mustafidah, A. N., & Raharjo. (2024). Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif Di Sekolah Dasar. Elementary Journal, 7(2), 2024. https://doi.org/10.47178/thnj6015
Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559
Putri, H. W. F., Nurhida, P., & Laeli, S. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332
Ramlan, & Nurdyansah. (2025). Educational Dilemma: Analysis of PPDB Threshold Rules on Learning Quality and Student Achievement in Elementary Schools. UMSIDA Preprints Server, 1–18. https://doi.org/10.21070/ups.7309
Salim, N. A., Subakti, H., Khairunnisa, Y., Rohman, A., & Hidayat, T. (2023). Analisis Pengelolaan Kelas di Kelas IV SD Negeri 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Pendas Mahakam, 8(1), 38–49. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/1362
Santoso, W. T., Sutama, Haryanto, S., & Muhibbin, A. (2023). Implementasi Pengelolaan Kelas Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Seni Pertunjukan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 881–888. https://doi.org/10.58230/27454312.312
Schonert-Reichl, K. A. (2017). Social and Emotional Learning and Teachers. The Future of Children, 27(1), 137–155. www.futureofchildren.org
Silalahi, L., & Naibaho, D. (2023). Pentingnya Kompetensi Sosial Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 151–158. https://doi.org/10.62017/merdeka
Sulle, D., & Tulak, T. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Siswa pada Pembelajaran Tematik. JKIP: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 1–6. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i1.1167
Tangkearung, S. S., Penggalo, I. S., & Bauung, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Kelas III SDN 4 Rantepao. Elementary Journal, 6(1), 2023. https://doi.org/10.47178/cx5pbh97
Weissberg, R. P., Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., & Gullotta, T. P. (2015). Social and Emotional Learning: Past, Present, and Future. The Guilford Press. https://www.researchgate.net/publication/302991262
Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic: Social Emotional Learning (SEL) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.21070/iiucp.v1i1.601







