Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah SD yang ditinjau dari Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, dan Masa Kerja
DOI:
https://doi.org/10.47178/hxgd3v07Keywords:
Instructional Leadership, Gender, Educational Level, Work ExperienceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah di SD Negeri Kota Makassar serta mengeksplorasi apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan kepemimpinan pembelajaran yang ditinjau dari tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan masa kerja kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan uji statistik Chi-Square. Populasi dari penelitian ini berjumlah 150 kepala sekolah, diambil 108 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan tabel Krejcie dan Morgan yang memudahkan peneliti untuk menentukan ukuran sampel yang representatif dari populasi yang lebih besar. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode sampling kategorial, yaitu teknik pengambilan sampel dilakukan atas dasar letak geografis tempat ataupun lokasi penelitian dari daerah pinggiran kota dan daerah pusat perkotaan. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan angket dengan skala interval 1-4 yang dirancang untuk mengukur persepsi responden mengenai tiga indikator kepemimpinan pembelajaran, yaitu Menentukan Tujuan Sekolah, Mengelola Program Pembelajaran dan Menciptakan Iklim Pembelajaran yang Positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berada dalam taraf signifikansi yang sangat tinggi atau dalam kategori sangat baik. Sementara hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ada tidak ada perbedaan signifikan dalam kemampuan kepemimpinan pembelajaran berdasarkan tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan masa kerja. Kesimpulannya, praktik kepemimpinan pembelajaran di SD Negeri Kota Makassar sangat baik dan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor struktural seperti tingkat pendidikan, jenis kelamin, maupun masa kerja kepala sekolah.
References
Ansar, A., Arismunandar, & Wahira. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 2 Bone. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 187–197. https://doi.org/10.24246/J.JK.2023.V10.I2.P187-197
Baiq Widayung Pundaka, S., & Asrin. (2024). Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnalpasca.Unram.Ac.IdBWP Sari, A AsrinJPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 2024•jurnalpasca.Unram.Ac.Id, 8(2), 27–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i2.593
Bush, T., & Glover, D. (2014). School leadership models: What do we know? In School Leadership and Management (Vol. 34, Issue 5, pp. 553–571). Routledge. https://doi.org/10.1080/13632434.2014.928680
Fanani, Z. (2019). Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dilihat Dari Perbedaan Gender Di Provinsi Kalimantan Selatan Zaenal Fanani. Jurnal Kewidyaiswaraan, 4(2).
Hallinger, P. (2011). A review of three decades of doctoral studies using the principal instructional management rating scale: A lens on methodological progress in educational leadership. In Educational Administration Quarterly (Vol. 47, Issue 2, pp. 271–306). https://doi.org/10.1177/0013161X10383412
hartini, sri. (2012). Pengaruh Kualifikasi Akademik, Pengalaman Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Se Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jurnal Manajemen Pendidikan (Jmp), 1(3). http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/396
Juniarni, C., Sa’dullah, A., Luviadi, A., Pramitha, D., & Nikma, N. (2022). Principal’s Strategy in Improving Teacher Performance. Jurnal Prajaiswara, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i1.41
Lumban Gaol, N. T. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 1, 66–73.
Murphy, J. (1990). Principal instructional leadership. Advances in Educational Administration: Changing Perspectives on the School, 1, 163–200.
Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 299–310. https://doi.org/10.21093/JTIKBORNEO.V4I3.6905
Robinson, V. M. J. (2010). From Instructional Leadership to Leadership Capabilities: Empirical Findings and Methodological Challenges. Leadership and Policy in Schools, 9(1), 1–26. https://doi.org/10.1080/15700760903026748
Rossow, L. F. (1990). The principalship: Dimensions in instructional leadership.
Ubben, G., Hughes, L., & Norris, C. (2001). The principal: Creative leadership for effective schools. https://eric.ed.gov/?id=ED482613
Ukis, M., & Zakso, A. (2010). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4.
Wahyudi, A., Narimo, S., & Wafroturohmah, W. W. (2020). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 47–55. https://doi.org/10.23917/VARIDIKA.V31I2.10218







