Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Waesama

Authors

  • Anisa Nurjana Ipa Universitas Darussalam Ambon
  • Haris Kolengsusu Universitas Darussalam Ambon
  • Rasid Ode Universitas Darussalam Ambon
  • Kasriana Universitas Darussalam Ambon

DOI:

https://doi.org/10.47178/r7w7d410

Keywords:

Efektivitas, Matematika realistik

Abstract

Matematika merupakan alat yang dapat memperjelaskan dan menyederhanakan suatu keadaan atau situasi melalui abstrak, idelisasi, atau generalisis untuk menjadi suatu studi ataupun pemecahan masalah. Penelitian ini mengunakan desain penelitian pra-eksperimen dengan satu kelompok sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol, kelas eksperimen diberikan pembelajaran matematika dengan mengunakan pendekatan matematika realistik selama 1 kali pertemuan Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa data pretest dan posttest telah memenuhi uji normalitas yang merupakan uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis. Data prestest dan posttest telah berdistribusi normal karena nilai sig 0,200 0,05. Karena data berdistribusi normal maka memenuhi kriteria digunakannya uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t two sample test dengan sebelumnya melakukan Normalized gain pada data pretest dan data posttest. Pengujian Normalized gain bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan. Pada tabel di atas telah diperoleh nilai sig 0,000 0,05, sehingga diterima yang berarti bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika setelah diterapkan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 01 Waesama dimana nilai gainnya lebih dari 0,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “pendekatan matematika realistik efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Waesama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka terdapat pengaruh dari hasil efektifitas pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistic. Hal ini dibuktikan oleh uji hipotesis dari data yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata.

References

Faizah, H. (2019). Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep Grup pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 23–34. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2267

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal EduMa: Mathematics Education Learning and Taching, 3(1), 52–62.

Martin, T., Petrick Smith, C., Forsgren, N., Aghababyan, A., Janisiewicz, P., & Baker, S. (2015). Learning Fractions by Splitting: Using Learning Analytics to Illuminate the Development of Mathematical Understanding. Journal of the Learning Sciences, 24(4), 593–637. https://doi.org/10.1080/10508406.2015.1078244

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. PT. Alfabeta.

Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., Anggraini, V., Farhana, H., Pitriyana, Watunglawar, B., Mutaqin, A., Farid, M. G., Juwita, A. R., Dianita, E. R., Tulak, T., & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Tulak, T. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(3), 7.

Tulak, T., Rahman, A., & Ahmad, A. (2024). Translational Process of Enactive, Iconic, Symbolic Representations in Understanding the Concept of Fractions. Himalayan Journal of Education and Literature, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.47310/hjel.2024.v0i503.006

Tulak, T., Rahman, A., & Asdar. (2024). An Overview of Third Grade Students’ Understanding of The Concept of Fractions. Proceedings of the 2nd International Conference of Science and Technology in Elementary Education (ICSTEE 2023), 312–316. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-210-1_27

Tulak, T., Tangkearung, S. S., & Selin, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknologi, 1, 10.

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.

Downloads

Published

2024-12-23