Penggunaan Metode Pembelajaran Langsung dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Abdurrahman STAI AL Gazali Bulukumba
  • Haerul Mutiah Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Hasbar STAI AL Azhari Mamuju
  • Kaharuddin Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Idris Afandi Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.47178/fs8pck53

Keywords:

Pembelajaran langsung, Motivasi belajar, Era digital

Abstract

Dalam era digital yang ditandai dengan kemudahan ekses informasi, motivasi belajar siswa seringkali tergerus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode pembelajaran langsung dalam mengatasi hal tersebut, khususnya dalam konteks menghadapi tes masuk perusahaan. Dengan merancang pembelajaran yang terstruktur dan interaktif, metode ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak, mengaplikasikan pengetahuan secara langsung, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal tes dengan baik. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya dituntut untuk menghafal informasi, tetapi juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan lebih relevan dengan tuntutan dunia kerja saat ini.

References

Adimassana, Y. B., Sari, W. W., & Anugrahana, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Inovatif Menyongsong Generasi 4.0. Yogyakarta: anata Dharma University Press.

Budiana, I. N., Sudana, D. N., & Suwatra, I. W. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.816

Hendrik. (2021). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.

Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (TGT) dan Discovery Learning (DL) dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2371

Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan? Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57–61.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Padallingan, Y., Lolotandung, R., & Tulak, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 8.

Sampelolo, R., Abdullah, M., Tulak, T., Palayukan, H., Langi, E. L., Tulak, H., … Duma, S. Y. (2024). Buku Pembelajaran Aktif: Teori dan Aplikasi. Makale: UKI Toraja Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.47178/rd91rp96

Tangkearung, S. S., Panggalo, I. S., & Bauung, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Kelas III SDN 4 Rantepao. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 21–28. https://doi.org/10.47178/cx5pbh97

Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3, 67–76. Toraja, Indonesia: UKI Toraja Press.

Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., … Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Tanjung Morawa: PT. Mifandi Mandiri Digital.

Tulak, T., Rubianus, & Maramba’, S. (2024). Optimizing Mathematics Learning Outcomes Using Artificial Intelligence Technology. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(1), 160–170. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n1a11

Tulak, T., Tangkearung, S. S., & Selin, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknologi, 1, 10. Makale: UKI Toraja Press.

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63.

Yanti, N. L. M. S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di Gugus IV Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i2.11967

Downloads

Published

2024-12-23