Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Big Book Pada Siswa Kelas II UPT SDN 4 Makale Utara

Authors

  • Marnita Kelong Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Theresyam Kabanga' Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sefrin Siang Tangkearung Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/rhdn9m95

Keywords:

Media big book, Kemampuan membaca permulaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemulaan siswa mengunakan media big book pada siswa kelas II UPT SDN 4 Makale Utara. Penelitian ini dilakukan di UPT SDN 4 Makale Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang yang dapat mendeskripsikan dan menggambarkan keadaan alamiah subjek. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II UPT SDN 4 Makale Utara. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pada setiap siklusnya. Siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh dengan presentase 69,83% dengan kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II dengan presentase 87, 22% dengan kategori sangat baik.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi (Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kabanga’, T., & Sari, P. W. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SDN 213 Inpres Lemo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(3), 25–30.

Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan? Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57–61.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal EduMa: Mathematics Education Learning and Taching, 3(1), 52–62.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulle, D., & Tulak, T. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 6. https://doi.org/10.0901/jkip.v10i1.1167

Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3, 67–76. Toraja, Indonesia: UKI Toraja Press.

Tulak, T. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(3), 7.

Downloads

Published

2024-12-23