Integrasi Model Project-Based Learning (PjBL) dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Authors

  • Wildan Nuril Ahmad Fauzi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yuli Setiawati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Deni Puji Hartono Universitas PGRI Palembang
  • Mulyo Prayitno Universitas Safin Pati

DOI:

https://doi.org/10.47178/dfzw0c15

Keywords:

Project-Based Learning, Kearifan lokal, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi integrasi Project-Based Learning (PjBL) dan kearifan lokal dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur dan analisis dokumentasi terkait implementasi PjBL berbasis kearifan lokal. Hasil utama menunjukkan bahwa integrasi ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, serta nilai-nilai gotong royong siswa. Kajian ini bermanfaat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia, khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menawarkan kebaruan dalam mengaitkan PjBL dengan kearifan lokal untuk mengembangkan keterampilan karakter siswa, yang belum banyak diterapkan dalam pendidikan formal di Indonesia.

References

Bani, E. A. S. (2021). Kebudayaan dalam Konsep Pedagogik Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1605–1612.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. CV. Budi Utama.

Faiz, A., Kurniawaty, I., & Purwati. (2020). Eksistensi nilai kearifan lokal kaulinan dan kakawihan barudak sebagai upaya penanaman nilai jatidiri bangsa. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(4), 27–30.

Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904.

Hallatu, Y. A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah BPD Iha Tentang Konflik. The Indonesian Journal of Social Studies, 1(1), 11. https://doi.org/10.26740/ijss.v1n1.p11-22

Lidiawati, K. R., & Aurelia, T. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia: Rendah atau tinggi. Buletin KPIN, 9(2).

Mannan, M. N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–146.

Maulidia, N. F., & Istiqomah, D. A. (2023). Desain Pembelajaran IPS Berbasis Project Based Learning Pada Tingkat SD/MI. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(2), 295–305.

Meliono, I. (2011). Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies, 2(2), 221–234.

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., & Sanjaya, D. B. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15.

Nupiksani, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas VI SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 4(4), 13–24.

Prasetyo, F. (2019). Pentingnya model project based learning terhadap pemahaman konsep di ips. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan“Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 812–822.

Retnowati, R., Istiana, R., & Nadiroh, N. (2020). Developing project-based learning related to local wisdom in improving students’ problem-solving skills. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(1), 137–144.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Septiawan, F., Azizah, N., Gita, P. P., & Khery, Y. (2019). Pentingnya Pembelajaran Mobile, Kearifan Lokal, dan Kepariwisataan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 146.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53.

Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana: Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 329–339.

Westwood, P. (2016). Teaching and Learning Difficulties: A Cross-Curricular Approach 2nd Edition. ACER Press.

Widodo, A. (2020). Nilai budaya ritual perang topat sebagai sumber pembelajaran ips berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16.

Downloads

Published

2024-12-23