Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Inklusif Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47178/thnj6015Keywords:
Peran guru, Lingkungan belajar inklusif, Sekolah DasarAbstract
Guru memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karena mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajarkan materi pelajaran tetapi juga membentuk karakter dan sikap siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Dampak peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif di sekolah dasar. (2) Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan lingkungan belajar yang inklusif di sekolah dasar. (3) Srategi dan pendekatan yang diterapkan oleh guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif disekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3A SD Tambak Aji 04. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memahami implementasi pembelajaran inklusif di SD Tambak Aji 04. Hasilnya menunjukkan bahwa peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif guru seharusnya berperan sebagai fasilitator yang dapat mengelola keberagaman kebutuhan belajar siswa. Mayoritas guru mengakui pentingnya implementasi pendidikan inklusif, mereka sering kali merasa tidak memiliki keterampilan atau pelatihan yang memadai untuk menangani perbedaan yang ada di kelas, terutama yang berhubungan dengan siswa berkebutuhan khusus. Meskipun pendidikan inklusif dianggap sebagai langkah positif untuk menciptakan sistem pembelajaran yang lebih adil, kenyataannya peran guru yang sangat penting dalam proses tersebut seringkali tidak didukung dengan pelatihan yang tepat dan fasilitas yang memadai.
References
Abdullah, H. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP-KONSEP IPS DI SEKOLAH. 2(2), 138–149. http://sospendis.com/index.php/1/article/view/39
Adolph, R. (2016). Pembelajaran Berdiferensiasi: Menjawab Kebutuhan Pendidikan Personal di Era Society 5.0. 19(September), 1–23. https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/8272
Afrahamiryano, A., Dasna, I. W., & Habiddin, H. (2022). Tinjauan Sistematis tentang Collaborative Learning pada Bidang Kimia. Edukimia, 4(3), 131–150. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i3.a432
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Pendidikan Moderasi Beragama:Membangun Toleransi Dan Keberagaman. 6. https://journal.salahuddinal-ayyubi.com/index.php/ALJSI/article/view/75
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Dan Tantangan Pustakawan Perempuan Lanjut Studi Magister Yogyakarta, P. DI, Sisca Zuraida, S., Chairany Suyono, H., & Aliwijaya, A. (2024). under Creative Commons Attribution-Non Commercial-Share A like 4.0 International License (CC-BY-NC-SA) OPPORTUNITIES AND CHALLENGES OF WOMEN LIBRARIANS CONTINUE STUDY MASTER IN YOGYAKARTA Studi Penelitian. 14(1), 35–44. http://dx.doi.org/10.20473/jpua.v14i1.2024.35-44
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3671
Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 206–220. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10532
Fitri, A., Nursikin, M., & Amin, K. (2023). Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membimbing Siswa Bermasalah di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru. Journal on Education, 5(3), 9710–9717. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1786
Jalaluddin, N. S., & Tahar, M. M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif dalam kalangan Guru Arus Perdana. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(2), e001280. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i2.1280
Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7636
Magdalena, I., Syaifulloh, A., & Salsabila, A. (2023). Asumsi Dasar Dan Desain Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Malau, O., Halawa, A., Sidabutar, D., Simangunsong, F., Kristen, A., & Tarutung, N. (2024). Penginjilan Berbasis Komunitas : Pendekatan Partisipatif dalam Misi Gereja. 8, 23059–23063. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15345/11599
Marisana, D., & Herawati, N. I. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5072–5087. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11534
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Nisa, latifa suhada. (2019). PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Kebijakan Pembangunan. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/15-Article Text-208-1-10-20191017 (1).pdf
Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan Langkah Penelitian Antropologi: Sebuah Literature Review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya, 3(1), 44–68. https://doi.org/10.55623/ad.v3i1.109
Nurfadhillah, S., Kurniawan, E. Y. A. A., Fitriya, D., Ulyah, E. S., Andreani, M. G., Syahra, N. P., Fadhillahwati, N. F., Pujianti, Putri, R. A., & Lestari, R. D. (2023). Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 52–63.
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/27652/19290
Prihatini, R. S. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Ilmu Pengetahuan Alam Di SMP: Kajian Literatur. Jurnal Pendiidkan Berkarakter, 1(6), 179–186. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.499
Puji, P., & Putriyani, S. (2024). Kognitif. 4(August), 859–873. https://etdci.org/journal/kognitif/article/view/1962
Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2859/1621
Sa’diyah, M. (2023). the Transformation of Education in the Era of Disruption: Challenges and Opportunities Towards the Future. Journal of Islamic Education and Pesantren, 3(2), 1–14. https://doi.org/10.33752/jiep.v3i2.5725
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938
Sailana, J. A., & Inklusi, P. (2024). Systematic Literature Review ( SLR ): Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Systematic Literature Review ( SLR ): Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam. Peran guru BK, Pendidikan inklusi, Pendidikan khusus
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 241. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.458
Setiyati, S., Tarman, T., Metta, M., & Warman, W. (2024). Perencanaan Strategik dalam Membangun Mutu Pendidikan di Madrasah Syaichona Kholil Teluk Pandan. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 267–281. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.8749
Suyudi, M., & Wathon, N. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563
Syaipul Hari Baharuddin, Shandy Satiron, Gilang Permana, C. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR : A SYSTEMATIC REVIEW. 8, 113–132. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JPJO/article/view/10606/8111
SYAMSUARDI, E. M., Ridha, A., Yolanda, D., & Hudia, T. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Multikultural Yang Inklusif. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 63–77. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6357
Tobasa, M. R., Husna, D., & Nurjanah, P. W. (2023). Tantangan dan Strategi Mendisiplinkan Siswa Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif: Tinjauan dari Perspektif Studi Literatur. Anwarul, 4(1), 207–217. https://doi.org/10.58578/anwarul.v4i1.2375
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124