Karakteristik Pembelajaran IPS SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/j63ytq13Keywords:
karakteristik pembelajaran, Pembelajaran IPS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) dalam mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, nilai moral, dan kesadaran sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD memiliki karakteristik utama yaitu berbasis tematik, kontekstual, dan integratif, yang bertujuan untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru cenderung menggunakan metode diskusi, ceramah, dan studi kasus, namun implementasi inovasi pembelajaran berbasis teknologi masih terbatas. Kendala utama yang dihadapi meliputi kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif dan keterbatasan waktu dalam penerapan metode yang lebih variatif. Penelitian ini menyarankan penguatan kapasitas guru melalui pelatihan teknologi dan pengembangan kurikulum berbasis proyek untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif.
References
Allolinggi, L. R., Tangkearung, S. S., Pasauran, S. A., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4596–4605. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4448
Hendrik. (2021a). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.
Hendrik. (2021b). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring Di SDN 101 Makale 4. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 13–17. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1467
Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 3(2), 164–172.
Marhayani, D. A. (2017). Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261
Rahman, A., Asdar, & Tulak, T. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar. eprints.unm.ac.id, 16.
Santosa, Y. B. P., & Hidyat, A. (2022). Penanaman Nilai Demokrasi melalui Pembelajaran IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 9(2), 192–204. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i2.52427
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tangkearung, S. S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(3), 63–67. https://doi.org/10.47178/jkip.v8i3.1006
Tulak, T., & Mawa Ratu, S. (2018). Gambaran Gaya Belajar Siswa Yang Tinggal Di Daerah Lingkungan Pasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Sesean Kelurahan Palawa Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(3), 233–237. https://doi.org/10.47178/jkip.v6i3.301
Tulak, T., & Tadius, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 17–27. https://doi.org/10.47178/elementary.v1i1.401
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan: Perdana Publishing.