Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47178/n7yraw84Keywords:
Model CIRC, Membaca Pemahaman, Cerita bergambarAbstract
Penelitian yang dilakukan akan berfokus pada memaparkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada kegiatan pembelajaran untuk mengoptimalkan kemampuan dalam memahami bacaan yang didukung oleh penggunaan media cetak salah satunya dengan media cerita bergambar dalam kegiatan pembelajaran. metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. dalam penelitian ini, berbagai sumber literatur dainalisis untuk mengevaluasi efektivitas model CIRC dan dampak media visual terhadap dorongan motivasi dan hasil dalam belajar para siswa. Hasil penelitian yang didapat dari beberapa literatur menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman dalam membaca, meningkatkan keterlibatan peserta didik, memperbaiki kemampuan literasi, serta serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media cerita bergambar.
References
Achmad, F., Nurmahanani, I., & Ruswan, A. (2016). Penerapan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. 1–23.
Ainur, R., Fadhilaturrahmi, Putri, P. hana, Yanti, kusuma yandri, & Mufarizuddin. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.
Amalia, M., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd. 15–29.
Amin Basri. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition ( Circ ) Meningkatkan. 8(1), 29–33.
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632
Anggia, V., Ariawan, N., Utami, N. T., Pendidikan, J., Sekolah, G., Dasar, J. P., & Indonesia, U. P. (2018). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar melalui implementasi model circ berbantuan media cetak. 1(2), 95–104.
Ari Wibowo, S., Juhana, & Winarni, R. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (Penelitian pada Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Wonomulyo Wonogiri). MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 53–61. https://doi.org/10.30653/003.202391.9
Ayun, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar.
Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(2), 232. https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58343
Azella Mierey Salsabila, Riga Zahara Nurani, & Fajar Nugraha. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4 SE-Articles), 12–22. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2246
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12
Damayanti, S., & Adilla, U. (2022). Model Cooperative Integrated Reading and Composition Meningkatkan Hasil Belajar. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 160–175. https://doi.org/10.51311/el-madib.v2i2.597
Eka, M. M., & Vevy, L. (2024). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 13 No. 2 Juli 2024 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm. 13(2), 157–169.
Elsinora, M., Samuel, R. . ., & Samuel, L. D. P. (2022). Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.
Hasibuan, & Rambe. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 AEK Kota Batu Ainun Nisa Hasibuan 1, Riris Nurkholidah Rambe 2. 1, 19–37.
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164
Kesumadewi, D. A., Agung, G. A. A., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.
Kodariah, S., & Samsudin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Kelas I Menggunakan Model Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Pada Siswa Sdn Tangkil. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3032–3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555
Lapi, S., Hamsiah, A., & Rahmaniah, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 122–131. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3835
Maharani, I. A., & Liansari, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Buku Cerita Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5284–5290. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4472
Mariadeni, K. E., Suarni, N. K., & Putrayasa, I. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Hasil Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2692
Mila, R., & Sumaji. (2023). Peningkatan Aktivitas Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Circ Pada Tema Pengalaman Di Sekolah Dasar. Sasando : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.24905/sasando.v6i1.211
Nani, N., Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2), 228–239. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205
Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 251–260. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822
Nofrianni, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 338–344. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1418
Nurfadila, Rohana, & Pada, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar Tangerang 5. Gobal Journal Basic Education, 1(3), 247–263.
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 42–51.
Pujabakti, R. R., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.
Puu, N., Eliantari, R., Kristiantari, M. G. R., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. 4, 23–33.
Rahmi, & Marnola. (2020). Jurnal basicedu. 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Setiawati, A., Muammar, & Sani, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Meningkatkan Minat Baca dan Keterampilan Menulis Siswa. Semesta: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.70115/semesta.v1i1.2
Simbolon, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar: Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Pembel. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 1(1 SE-), 58–69. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.87
Siska, T. (n.d.). Penerapan Model Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Materi Bahasa Indonesia Di Kelas V Sdn 060866. 2, 103–111.
Sridarmini, H., Mufarizuddin, M., & Ananda, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ ) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p54-60
Suandi, S., Ason, A., & Atmaja, M. K. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vi Sd Negeri 05 Landau Tubun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(3), 26–35. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i3.1402
Suci, A. I., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 97–105. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3967
Supriyadi, S. (2018). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbicara Dengan Bahasa Inggris. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.33658/jl.v14i2.115
Syifak. (2013). Penggunaan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas III SD Nita 1.
Zakiyatunnisa, N. A., Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode circ untuk meningkatkan. Iii, 256–264.