Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital Di MTS. Mattirowalie Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.47178/v79m6v21Keywords:
Peran guru, motivasi belajar, era digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu diolah dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Mattirowalie di era digital meliputi tujuh peran, yaitu: (1) Peran guru sebagai sumber belajar; (2) Peran guru sebagai fasilitator; (3) Peran guru sebagai pembimbing; (4)Peran guru sebagai demonstrasi; (5) Peran guru sebagai pengelola; (6) Peran guru sebagai motivator; (7) Peran guru sebagai elevator. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah diterapkan dengan baik selama pembelajaran. Adapun peran guru yang dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital yaitu peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai pengelola, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai elevator.
References
Asih, N. P. R. T., Asni, M. F., & Widana, I. W. (2022). Profil Guru Di Era Society 5.0. ResearchGate, 23(1), 85–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390955
Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hendrik. (2021a). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.
Hendrik. (2021b). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring Di SDN 101 Makale 4. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 13–17. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1467
Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3), 3, 23–32. Semarang: Unissula Press.
Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (TGT) dan Discovery Learning (DL) dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2371
Kaharuddin, A., Tulak, T., Magfirah, I., & Ode, R. (2021). Mengapa Kita Membutuhkan Teknologi Dalam Pendidikan? Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 57–61.
Rante, S. V. N., Tulak, T., & Mantung, H. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik selama Pandemi Covid-19 Di Kelas IV SDN 274 Inpres Tanete Kabupaten Tana Toraja. Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Berbasis Teknologi, 1, 7. Makale: UKI Toraja Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.) (19th ed.). CV. Alfabeta.
Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.47178/rd91rp96
Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3, 67–76. Toraja, Indonesia: UKI Toraja Press.
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., … Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Tanjung Morawa: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tulak, T. (2020). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(3), 7.
Tulak, T., Tangkearung, S. S., Tulak, H., & Paseno, E. W. (2023). Application of Meaningful Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes. In Online Conference of Education Research International (OCERI 2023), 775, 664–675. Paris: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_66
Yuniarti, Y. (2013). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/org/10.17509/eh.v5i1.2838