Peningkatan Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas IV melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SDN 04 Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.47178/k60rt704Keywords:
Motivasi belajar, Kooperatif tipe STADAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 04 Bengkayang di kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus membutuhkan persiapan dan pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dapat membantu siswa belajar lebih banyak. Pada awal siklus, motivasi belajar siswa sebagian besar berada pada kategori “sangat kurang”. Setelah siklus I dimulai, sebagian besar siswa berada pada kategori “cukup”, dan pada siklus II, sebagian besar siswa berada pada kategori “baik” dan “sangat baik”. Faktor utama peningkatan ini adalah partisipasi aktif siswa, suasana belajar kooperatif, dan pembagian tugas dalam kelompok. Diharapkan guru dapat menerapkan model ini secara berkelanjutan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan bermanfaat.
References
Afnita, Y. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, 53-59.
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Islam Kontemporer.
Asmedy. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Soal Terbuka dengan Model Pembelajaran Konvensional. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), (79-88).
Baiq, J. S. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Mataram. Jurna Kependidikan, 209-216.
Ela Titi Sumarni1, M. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1309-1319.
Fadlilah. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
fatmawati, F. (2023). Efektivitas Mata Pelajaran PPKn Terhadap Penerapan Nilai Pancasila DI MTS Anwar. 08-12.
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward And Punishman. Jurnal Edunomic.
franiska Angelina Dhoka, A. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 169-178.
Hafizhah Hamim Nasution1, S. F. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal Basicedu, 295 - 302.
Hartati, H. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Pemerintahan Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Achievement Division) Pada Siswa Kelas IV Uwie Tahun Pelajaran 2016/2017. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 69-75.
Hartini, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa. Jurnal PEKAN, 2540 - 8038.
Hartono, U. (2023). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya Pada Saat Ini. Journal of Islamic Studies, 22-30.
Istiqomah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Kegiatan Sehari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Krian IV Sidoarjo. JPGSD, 3-9.
Magdalena, I. (t.thn.). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang.
Millah, A. S. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas . Kreativitas Mahasiswa, 140-152.
Mulyasa. (2009). Praktik penelitian tindakan kelas.
Murtiningsih, E. (2021). Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 198-207.
Muslihin, H. Y. (2022). Instrumen Penelitian Tindakan Kelas Untuk Peningkatan Motorik Halus Anak. PAUD Agapedia, 99-106.
Nasution, H. H. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap. Jurnal Basicedu, 295-302.
Neneng Sunengsih, G. S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vc Dengan Menggunakan Pembelajaran Berdiferensi pada Tema 5 di SDN Periuk 1. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 183-188.
Oktian, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. jurnak kependidikan, 216-232.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya.
Prof. Dr. Udin S.Winataputra, M. (t.thn.). Hakikat Belajar dan Pembelajaran.
Richard Adony Natty, F. K. (2019). Penngkatan Kreatifvitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 108-1092.
Rimon Hilkia Kafiar1, K. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Sidorejo Lor 01 Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Journal on Education, 5348-5356.
Riska Septia Wahyuningtyas1, O. D. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Dengan Model Pembelajaran STAD (Students Teams Achievement Division). Jurnal Selaras, 13-25.
Rismadamayanti. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas XI TGP SMK Negeri 1 Bunyu. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 132-139.
S., B. J. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas VII-E SMP Negeri 5 Mataram. Jurnal Kependidikan, 209-216.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 115-124.
Saskia, R. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science.
Sumarni, E. T. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1309-1319.
Syaparuddin, S. (t.thn.). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video. 187-200.
Teti Suharyati, H. S. (2023). Penerapan model project based learing Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pkn kelas V Sekolah Dasar. profersi pendidikan (JPP), 45-52.
Trisnawati, A. M. (2020). Penerapan Metode Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar PKn Siswa. Cakrawala Pedagogik, 64-71.
Utami Azzahra, F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. of science Education , 49-60.
Wahyuningtyas, R. S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP dengan Model Pembelajaran STAD (Students Teams Achievement Division) . Jurnal Selaras, 13-25.
Wulandar, D. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Awal Pembentuk. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7125-7129.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda.
Zubaidi1, A. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PAI Tentang Zakat Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sumberagung Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal IKLILA: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 33-44.