Prinsip Dasar dan Komponen Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47178/5m7k3e36Keywords:
Prinsip dasar, Komponen pembelajaran, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip dasar dan komponen pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman tentang prinsip dan komponen yang efektif dalam mendukung perkembangan keterampilan berbahasa siswa pada jenjang pendidikan dasar, Metode penelitian yang digunakan adalah library reaserch kualitatif yang mencakup identifikasi sumber-sumber terkait prinsip dasar dan komponen pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip dasar pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar meliputi prinsip kontekstual, integratif, fungsional, apresiatif, humanisme, progresivisme, dan kontruksionisme. Selain itu, komponen utama dalam pembelajaran bahasa Indonesia mencakup keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, kebahasaan, sastra dan apresiasi bahasa. Adapun komponen lainnya mencankup, siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif di sekolah dasar.
References
Belakang, A Latar. n.d. “Pembelajaran Indonesia Di SD,” 1–7.
Dianti, Yira. 2017. “Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf.
Drs Azhar Umar, M.Pd. 2017. “Sumber Belajar Penunjang Plpg 2017 Mata Pelajaran/Paket Keahlian Bahsa Indonesia,” no. 4: 24.
Eka Kurniawati. 2013. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Implementation of Indonesian Language Learning Based on 2013,” 1–10.
Gereda, A, A S Pratiwi, and A Kafkaylea. 2020. KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA: Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik Dan Benar. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=0aj8DwAAQBAJ.
Hafidha, Sari Raras. 2023. Apresiasi Sastra Indonesia, Puisi, Prosa, Dan Drama.
Jasmine, Khanza. 2014. “Keterampilan Berbahasa.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 11–64.
Juwita, Silvia Ratna. 2017. “Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca Dan Menulis).” Bahasa Indonesia, 1–161.
Marzuqi, Iib. 2019. Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Mulyadi, Mulyadi. 2023. “Implikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD.” Jurnal Pendidikan Bahasa 13 (2): 29–33. https://doi.org/10.37630/jpb.v13i2.1461.
Nuroh, Ermawati Zulikhatin, and Ucik Nurul Hidayati. 2023. “Analisis Media Visual Berbasis Kata Kunci Pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Cendekiawan 5 (1): 45–61. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i1.284.
Oktaviani Rafika Elsa, Nursalim. 2021. “Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahjasa Indonesia SD/ MI.” Pharmacognosy Magazine 75 (17): 399–405.
Rachman, Tahar. 2018. “Modul Bahasa Indonesia: Keterampilan Menulis.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rumaf, Nouval. 2015. “Implementasi Prinsip-Prinsip Pembelajaran Bahasa Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2: 189–98.
Yulsafli, and Merda Andani. 2023. “Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 13 Banda Aceh.” Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora 11 (3): 293–300.