Komponen Media Pembelajaran Inovatif dan Kreatif dalam Kurikulum Merdeka Khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47178/k6ktze11Keywords:
Media pembelajaran Inovatif, Kreativitas, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Artikel ini membahas tentang komponen media pembelajaran inovatif dan kreatif yang relevan dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada peserta didik, sehingga media pembelajaran perlu dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkaya pengalaman belajar. Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur yang relevan, termasuk buku, artikel jurnal ilmiah, dan dokumen resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru diberikan kemerdekaan untuk menentukan unsur-unsur dalam proses pembelajaran yang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik dari peserta didik. Mulai dari model pembelajaran hingga media pembelajaran. Dengan demikian, unsur-unsur tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka alat yang digunakan selama pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Untuk itu, guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajarnya.
References
D. A. Maulida et al., Media Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar. Cahya Ghani Recovery, 2024.
K. M. Belajar, “Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,” vol. 3, no. 5, pp. 1607–1614, 2024.
M. Agus, S. S. Rimang, and I. R. Badji, Permainan Bahasa (Media Pembelajaran Bahasa Indonesia). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2021.
A. Kristanto, “Media pembelajaran,” p. 1, 2016.
M. Hasan, S. Pd, and M. Pd, Media Pembelajaran. 2021.
Asiva Noor Rachmayani, “Manfaat Media Dalam Ppembelajaran,” p. 6, 2015.
P. Rahayuningsih, W. Hidayah, and C. N. Primar, “Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa,” vol. 1, no. 1, 2022.
M. D. Huzomi, O. Pamula, and M. Yuliastri, “Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii,” vol. 4, no. 1, 2023.
A. Ruswan et al., “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, pp. 97–105, 2024.
A. Wulandari, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Inovatif Dan Kreatif Di Smp Pada Era Kurikulum Merdeka,” Pibsi Xlv Upgris, pp. 190–200, 2023.