Media Pembelajaran Di SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/2yj8j816Keywords:
Media pembelajaranAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu alat yang dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga anak dapat mempunyai minat dan minat terhadap materi pembelajaran yang disajikan. Hanya saja dalam menggunakan media pembelajaran, guru harus bisa memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan dan guru juga harus menyesuaikan dengan karakter siswanya dalam memilih media pembelajaran. Sebagian guru masih belum memahami betapa pentingnya menggunakan media pembelajaran yang tepat agar pembelajaran tidak terasa monoton dan membosankan bagi siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library study) untuk mengkaji seberapa penting media pembelajaran yang tepat untuk proses belajar mengajar di sekolah dasar. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran yang tepat sangat penting dalam menunjang pembelajaran siswa. Pemilihan pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran dapat memberikan pengalaman konkrit dan sebagai perantara yang membantu belajar siswa.
References
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 126–135. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Andriani, A., Saputri, D. A., Hopipah, R., & Dewi, T. P. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16140
Hendrik. (2021). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.
Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (TGT) dan Discovery Learning (DL) dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2371
Nurfadhillah, S., & Rosnaningsih, A. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Sampelolo, R., Abdullah, M., Tulak, T., Palayukan, H., Langi, E. L., Tulak, H., … Duma, S. Y. (2024). Buku Pembelajaran Aktif: Teori dan Aplikasi. Makale: UKI Toraja Press.
Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.47178/rd91rp96
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., … Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Tanjung Morawa: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tulak, T., Rahman, A., & Ahmad, A. (2024). Translational Process of Enactive, Iconic, Symbolic Representations in Understanding the Concept of Fractions. Himalayan Journal of Education and Literature, 5(3), 1–8. https://doi.org/10.47310/hjel.2024.v0i503.006
Tulak, T., Rubianus, & Maramba’, S. (2024). Optimizing Mathematics Learning Outcomes Using Artificial Intelligence Technology. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 12(1), 160–170. https://doi.org/10.24252/mapan.2024v12n1a11
Tulak, T., Tangkearung, S. S., Tulak, H., & Paseno, E. W. (2023). Application of Meaningful Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes. In Online Conference of Education Research International (OCERI 2023), 775, 664–675. Paris: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_66