Kajian Literatur Mengenai Penggunaan Media Pembelajaran Di SD

Authors

  • Fitriyani Universitas Islam Makassar
  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar
  • Pelita Koyange Universitas Islam Makassar
  • Nurul Anisyah Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47178/b7mq7j61

Keywords:

kajian literatur, media pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam proses belajar mengajar agar siswa menjadi manusia yang terdidik. Proses pembelajaran tidak terlepas dari media pembelajaran yang berupa suatu alat untuk mempermudah pembelajaran dan membantu guru menyampaikan pengetahuan. Teknologi dan peranannya telah berkembang sedemikian rupa sehingga penggunaan alat bantu mengajar, alat bantu peraga pendidikan, dan perlengkapan sekolah lainnya disesuaikan dengan perkembangan zaman tersebut untuk memenuhi tuntutan kurikulum, materi, metode, dan tingkat kemampuan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil kajian literatur tentang media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di SD, jenis-jenis media pembelajaran yang digunakan dan juga karakteristik media teersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan library research. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan artikel yang diterbitkan dalam jurnal nasional dengan tahun (2018-2024). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa artikel dan buku yang telah diteliti terdapat 10 artikel dan 5 buku yang sesuai dengan judul yang ditetapkan. Ada banyak jenis media pembelajaran dengan masing-masing keunggulan dan kelemahan.para pendidik perlu memahami karakteristik dari media pembelajaran yang digunakan agar dapat menggunakannya sesuai dengna kompetensi dasar mereka.

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Moviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 126–135. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Allolinggi, L. R., Tangkearung, S. S., Pasauran, S. A., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4596–4605. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4448

Andriani, A., Saputri, D. A., Hopipah, R., & Dewi, T. P. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16140

Hasnul, F., & Madona, A. S. (2018). Buku Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Helaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. N. (2020). Penelitian dan Pengembangan: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Banten: Media Madani.

Hendrik. (2021a). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.

Hendrik. (2021b). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring Di SDN 101 Makale 4. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 13–17. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1467

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., & Setiawan, U. (2022). Jenis, Klasifikasi, dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106–113.

Kaharuddin, A., Arifin, S., Tulak, T., & Suyastini, P. A. (2020). Teams Games Tournament (TGT) dan Discovery Learning (DL) dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2371

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Munisah, E. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23–32. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231

Nurfadhillah, S., & Rosnaningsih, A. (2021). Media Pembelajaran Tingkat SD. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Tangkearung, S. S., Palimbong, D. R., & Maramba’, S. (2024). Peran Kecerdasan Buatan dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Depan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.47178/rd91rp96

Tulak, H., Pakiding, A., Tulak, T., & Pongsirante, A. (2023). Generation Z: Understanding the Moral Characteristics of The Current Generation. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 6081–6083.

Tulak, T., Tangkearung, S. S., Tulak, H., & Paseno, E. W. (2023). Application of Meaningful Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes. In Online Conference of Education Research International (OCERI 2023), 775, 664–675. Paris: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_66

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2024-12-23