Keterampilan Mengadakan Variasi (Variations Skills) Di Sekolah Dasar

Authors

  • Andi Putri Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Makassar
  • Rahma Ashari Hamzah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Makassar
  • Maria Ulfa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47178/nmwexr35

Keywords:

Keterampilan, mengadakan, variasi, sekolah dasar

Abstract

Artikel ini membahas tentang kemampuan mengadakan variasi di sekolah dasar. Dengan
menggunakan metode penelitian kepustakaan, tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui konsep dan signifikansi keterampilan dalam melaksanakan variasi di sekolah
dasar. Datanya berasal dari berbagai sumber terpercaya, seperti buku pelajaran
pendidikan dan jurnal ilmiah. Temuan studi ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar
harus mampu menyesuaikan pengajaran mereka untuk mencapai lingkungan belajar
yang dinamis, menarik, dan bermakna. Fokus, motivasi, dan partisipasi siswa dapat
memperoleh manfaat dari variasi pembelajaran, begitu pula pemahaman materi yang
lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi dan
pendekatan yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk melakukan berbagai variasi
pembelajaran, strategi pembelajaran, dan kegiatan belajar mengajar. Untuk
menciptakan pembelajaran yang menarik dan efektif, guru harus memiliki pemahaman
yang komprehensif tentang metode-metode tersebut dan mampu menerapkannya secara
kreatif dan disesuaikan dengan karakteristik bahan ajar, kebutuhan belajar siswa, dan
kondisi kelas. Oleh karena itu, guru sebenarnya harus mempunyai kemampuan untuk
memberikan variasi agar pembelajaran dapat bermakna dan bermanfaat bagi.

References

Abdul Wahid, S.P.M.P., S.P.M.P. A. Asmara, and S.P.M.P. Nur Afni. 2019.

Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Samudra Biru. https://books.google.co.id/books?id=C4eiEAAAQBAJ.

Dr. Azima Dimyati, M M. n.d. Pengembangan Profesi Guru. Gre Publishing.

Dr. Gusnarib wahab, M P, and S.P.M.P. Rosnawati. 2021. Teori-Teori

Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Dr. Jamaluddin, M P I, and M P I Dr. Andi Hajar. 2022. Keterampilan

Mengajar. CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=DJGdEAAAQBAJ.

Goldschlag, Nathan, J Daniel Kim, and McCue Kristin. 2019. “Penerapan

Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Matematika

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv.” Journal of Chemical Information

and Modeling 53 (9): 1689–99.

amzah, Rahma Ashari. 2020. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Membaca Suku Kata Pada Siswa Kelas I SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.” ALGAZALI | International Journal of Educational Research 2 (2): 131–43.

Padmadewi, N N. 2021. Pengantar Micro Teaching - Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Sukirman. 2018. “Keterampilan Dasar Dalam Mengajarkan Bahasa

Indonesia.” Jurnal Konsepsi. Vol. 7. Susanti, Anik, and Nugrananda Janattaka. n.d. “Analisis Keterampilan Guru

Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang

Kabupaten Tulungagung.” Vol. VI.

Tendi, Rahmat. 2020. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.” Universitas Islam Negeri Sultan Syaif Kasim Riau

Downloads

Published

2024-06-22