Analisis Pentingnya Implementasi Media Pembelajaran dan Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas Rendah SDN 08 Sentibak
DOI:
https://doi.org/10.47178/2x72gb13Keywords:
Media pembelajaran, Kreativitas guru, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya implementasi media pembelajaran dan kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas rendah SDN 08 Sentibak. Latar belakang penelitian ini muncul dari tantangan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, di mana siswa terkadang bosan dengan model pembelajaran berbasis ceramah yang berdampak pada hasil belajar siswa sendiri. Dalam hal ini, peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan banyak cara dan peran guru sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran telah diakui sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan proses belajar, namun dampaknya terhadap pencapaian belajar siswa masih perlu diteliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan meliputi pengamatan langsung dan wawancara dengnan guru kelas 2. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan media ajar masih dapat ditingkatkan. Wawancara dengan guru mengungkapkan bahwa fasilitas pembelajaran yang lebih memadai masih diperlukan di sekolah. Temuan ini menekankan pentingnya implementasi media pembelajaran yang efektif dan kreativitas guru dalam mendukung proses belajar mengajar di SDN 08 Sentibak.
References
Afifah, N., Kurniaman, O., & Moviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255. https://doi.org/10.1590/0034-7167-2017-0691
Andriani, A., Saputri, D. A., Hopipah, R., & Dewi, T. P. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih. Journal on Teacher Education, 5(3), 215–222. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.23657
Dewantara, A. H. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Jurnal of Primary Education, 1(1), 15–28.
Hendrik. (2021a). Analisis Implementasi Kurikukulum 2013 Berbasis Pendekatan Saintifik di SDN 4 Nanggala Kecamatan Nanggala Toraja Utara. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 25–42.
Hendrik. (2021b). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring Di SDN 101 Makale 4. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 10(3), 13–17. https://doi.org/10.47178/jkip.v10i3.1467
Imelda, I., & Tulak, T. (2021). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.47178/elementary.v4i1.1265
Jonassen, D. H., & Strobel, J. (2006). Modeling for Meaningful Learning. In D. Hung & M. S. Khine (Eds.), Engaged Learning with Emerging Technologies (pp. 1–27). Berlin/Heidelberg: Springer-Verlag. https://doi.org/10.1007/1-4020-3669-8_1
Rahman, A., Asdar, & Tulak, T. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar. eprints.unm.ac.id, 16.
Sampelolo, R., Abdullah, M., Tulak, T., Palayukan, H., Langi, E. L., Tulak, H., … Duma, S. Y. (2024). Buku Pembelajaran Aktif: Teori dan Aplikasi. Makale: UKI Toraja Press.
Tangkearung, S. S. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di Kelas V SDN 155 Patudu Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 99–105. https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1842
Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3, 67–76. Toraja, Indonesia: UKI Toraja Press.
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., … Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Tanjung Morawa: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tulak, T., & Mangalik, A. (2019). Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13.
Weiberg, R. W. (2018). Toward an integrated theory of insight in problem solving. In Insight and Creativity in Problem Solving (1 st, Vol. 21, p. 35). London: Routledge.