Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I MI DDI Takkalasi Kecamatan Balusu Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.47178/rrzz1m89Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yang masih rendah di kelas I MI DDI Takkalasi Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis and Taggar 4 langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan instrumen lembar pengamatan kemampuan membaca. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari data-data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi pada siswa kelas I MI DDI Takkalasi Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. jumlah siswa yang tuntas pada pra siklus sebesar 27%, siklus I sebesar 45%, serta siklus II sebesar 91%. Sementara itu, skor rata-rata siswa pada pra siklus I sebesar 5,41, siklus I sebesar 7,95 dan siklus II 9,82. Implikasi penelitian ini antara lain guru harus lebih kreatif dalam menggunakan media ketika menerapkan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Selanjutnya, guru perlu memperhatikan teknis pelaksanaan demonstrasi agar kegiatan demonstrasi menarik bagi siswa dan selanjutnya meningkatkan kemampuannya dalam membaca. Perlu intesitas baca yang tinggi agar siswa mampu membuat dan menjawab pertanyaan berdasarkan isi bacaan.
References
E. Harianto, “Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa,” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020.
Y. D. K. Sari, L. Chamisijatin, and B. Santoso, “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di SDN 1 Sumbersari Kota Malang,” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 2, 2019.
Deni, “Hasil Survey Visa,” kitabaca.com, 2022.
D. D. Rochmania and H. Setiawan, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunanakan Metode Pembelajaran Demonstrasi,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 3652–3661, 2022.
R. Dewanti and A. Fajriwati, “Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih,” PILAR, vol. 11, no. 1, 2020.
D. P. A. Janawati, Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Surya Dewata, 2020.
N. Nurmiyati, “Upaya Peningkatan Ketrampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Whatsapp Di Kelas 1 SD Negeri 1 Sentolo Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022,” Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 9, pp. 1246–1254, 2022.
N. Rika Afriana Rabiah, “Keefektifan Model Demonstrasi Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2020-2021,” Ability: Journal of Education and Social Analysis, pp. 121–129, 2022.
F. E. Tumewang, D. M. Ratu, and M. R. Liando, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Maliku,” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, vol. 8, no. 1, pp. 270–281, 2022.
N. Saputra, Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
S. Sunarti, Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Penerbit Nem, 2021.