Penerapan Media Lagu (Nyanyian) Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas III dalam Pembelajaran IPS Di SDN 8 Rantebua

Authors

  • Lutma Ranta Allolinggi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Roberto Salu Situru' Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Arni Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/j33bpx19

Keywords:

Media lagu, daya ingat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan daya ingat siswa kelas III SDN 8 Rantebua melalui penerapan media lagu (nyanyian). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 8 Rantebua, sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 6 orang perempuan pada tahun ajaran 2023/2024 semester genap dengan mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah media lagu (nyanyian). Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yakni silkus I dan II. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lagu (nyanyian) dapat meningkatkan daya ingat siswa kelas III SDN 8 Rantebua. Dimana nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 69,37 dan pada siklus II adalah 86,25.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatchuroji, D. (2018). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hafalan Asmaul Husna: Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di Skh Global Insani Madani. Qathrunâ, 5(2), 81-104

Hartono, M., Santoso, A. G., Raya, C. L., Yulianto, B., & Suwarno, S. (2016). Audio Visual Media Components in Educational Game for Elementary Students. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 7(4), 255-265.

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141-145.

Melaloin, Hartini, & Mahayanti. (2020). Pemanfaatan Lagu Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Simple Past Tense. Journal for Lesson and Learning Studies, 108-119.

Mones, A. Y. 2020. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas Iv Melalui Penerapan Metode Praktek Dan Latihan Terstruktur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik (Studi Lapangan Di SD Negeri Nunbai, Timor NTT).” Jurnal Selidik 1(1):23–39.

M. Maftuhah. Kreativitas Guru dalam Menggubah Lagu untuk Meningkatkan Daya Ingat dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul. Qur'an. Diss. IAIN Ponorogo, 2022.

N. Nastion, “Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Anggota UKM Creative Minority,” J. Psikol. Terap., vol. 2, no. 2, p. 1, 2021, doi: 10.29103/jpt.v2i2.3629.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.

Saputra, Nanda. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 193

Sulle, D., & Tulak, T. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 1-6.

Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tangkearung, S. S., Tulak, T., & Patintingan, M. L. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(2), 67-76.

Tulak, T., & Tadius, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 17-27.

Tulak, T., Tangkearung, S. S., Tulak, H., & Paseno, E. W. (2023, September). Application of Meaningful Learning Model to Improve Student’s Learning Outcomes. In Online Conference of Education Research International (OCERI 2023) (pp. 664-675). Atlantis Press.

Wardani, D. A. (2018). Analisis Lagu Anak Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 Sdn 2 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 4(01).

Yuliyanti. (2015). Penerapan Media Audio Lagu untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa, Penelitian Tindakan pada Kelas II SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2024-06-22