Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education

Authors

  • sulastri Universitas Terbuka
  • I Wayan Andyana Universitas Terbuka
  • Dian Anggraeni Maharbid Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.47178/4mrjgg50

Keywords:

Matematika , Bangun Datar, Realistic Mathematics Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pokok bahasan dikelas IV MIS Al-Ikhlas Long Kali dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Long Kali dengan  jumlah siswa 8 orang, terdiri dari 6 laki-laki dan 2 perempuan. Studi ini bertujuan untuk Menghitung Luas dan keliling Bangun Datar. Data penelitian ini didapatkan dengan teknik observasi selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan hasil akademik siswa tentang Menghitung Luas dan keliling Bangun Datar pada siswa kelas IV MIS Al-Ikhlas Long Kali. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan ada 3 orang siswa dan 5 orang siswa belum tuntas dengan persentase 37,5%. Sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan meningkat menjadi 7 orang siswa yang tuntas dan 1 orang siswa tidak tuntas dengan persentase 87,5%, dengan demikian terjadi kenaikan antara tingkat ketuntasan siswa pada siklus I ke siklus II. Selain itu tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran juga meningkat, yang ditunjukkan dengan suasana kelas yang lebih hidup dan siswa lebih aktif.

References

Widiawati, dkk (2023). Upaya Meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun datar dengan menggunakan metode snowball throwing. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 191.

Cahyo, (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Mathematics Education (Rme). Vol. 2 No 1 (2023): Semnas Ip Fkip Unila.

Shandy, A. L. G. (2016). Realistic Mathematics Education (RME) dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 27-33.

Safrizal, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 163-172.

Sari, W. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Realistik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(1).

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1997). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Hasibuan, S. E. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Point Counterpoint Di Kelas VII SMP Negeri 1 Na IX-X Labuhanbatu Utara. Jurnal EduTech, 1(1).

Hasan, A., Ismail, N., Asmayanti, N., Azis, M., & Rafi, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 18-30

Kuswono. (2017). Belajar dalam pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Wahyuni, D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan).

Rahman, S. (2022). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 241-251..

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maharbid, D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar. Educational Journal of Bhayangkara, 2(2), 57-68.

Lestari, dkk (2023). Penerapan Model Cooperative Learning TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Mata Pelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam: Cooperative Learning TGT, Hasil belajar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-06-22