Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Lambang dan Simbol Pancasila melalui Teknik Reward

Authors

  • indri rahayu Universitas Terbuka
  • Umar Abdul Labib Universitas Terbuka
  • Dian Anggraeni Maharbid Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.47178/rnc6gk81

Keywords:

Teknik Reward, Pembelajaran PKn, Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran 
pendidikan kewarganegaraan (PKn) dengan teknik reward pada kelas I SDN Tamban 
muara baru. Adapun masalah yang ada di SDN Tamban muara baru ialah kurangnya 
motivasi siswa dalam belajar. jenis peneliÍian ini adalah PTK dengan pola kolaboratif 
adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Tamban muara baru dengan 
jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan information melalui observasi, skala psikologi 
dan catatan lapangan. Analisis information yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif 
dan deskriptif kuantitatif Kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini adalah persentase 
dari skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penghargaan 
dalam pendidikan kewarganegaraan dapat mendorong siswa untuk belajar lebih banyak. 
Dalam pembelajaran, ada dua cara untuk memberikan penghargaan: verbal dan 
nonverbal. Penghargaan verbal terdiri dari kata-kata seperti "bagus, pintar, hebat" yang 
diucapkan kepada siswa atas tindakan atau hasil belajar mereka. Penghargaan nonverbal 
terdiri dari stempel "aku hebat" dan bintang yang ditempelkan pada papan juara. 
Penghargaan nonverbal diberikan kepada siswa ketika mereka melakukan tugas dengan 
baik dan aktif terlibat dalam pembelajaran.. Sebelum dilaksanakan proses perbaikan 
pembelajaran hanya 51,01% siswa yang tuntas, memasuki awal siklus mendapatkan 
peningkatan sebesar 72,12%, kemudian diakhir siklus jerjadi peningkatan yang 
signifikan yakni 90,10%. Dengan nilai rata-rata siswa dari setiap siklus yakni prasiklus 
56,9, awal siklus 78,2, dan meningkat pada akhir siklus sebesar 93,3 . Dengan 
demikian, penggunaan teknik reward mampu menghasilkan prestasi yang baik pada 
hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, materi lambang dan simbol Pancasila
siswa kelas 1 SDN Tamban Muara Baru.

References

Auliyah, K. (2022). Implementasi Pemberian Reward Stiker dalam membentuk

karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang

(Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan

Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: journal of social

science and education,2(1), 71-84.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida

journal, 5(2).

Ika Aprilita, S., Naiborho, T. M., Sidabariba, D. D., & Pasaribu, D. (2022, July).

Implementasi pendidikan nilai moral dan karakter dalam pembelajaran PKN di

Sekolah Dasar. Seminar Nasional 2022-NBM Arts

Lestari, D., Vahlia, I., & Maharbid, D. A. (2023). Penerapan Model Cooperative

Learning TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Mata Pelajaran

IPS Materi Sumber Daya Alam: Cooperative Learning TGT, Hasil belajar.

Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-10.

Madiyanah, Ayuk Nur dan Himmatul Farihah. 2020. Meningkatkan Disiplin Anak

Usia Dini Melalui Pemberian Reward. Jurnal Teladan.Volume 5 No. 1, 24.

http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/122. Diakses pada

tanggal 20 Juni 2020

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diridan Motivasi

BelajardalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah

Kejuruan.Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(1), 110-117

Nurhayati. D(2018). Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran

pendidikan kewarganegaraan melalui teknik reward dan konsekuensi negative.

Jurnal pendidikan

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil

belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rosyid, Zaiful, Ulfaratur Fahmah dan Rofiqi. 2019. Reward & Punishment Konsep

dan Aplikasi. Malang: Literasi Nusantara

Suparmi, Vicy Septiawan. 2019. Rewarddan Punishmentsebagai pemicu kinerja

karyawan pada PT. Dunia Setia Sandang Asli IV Ungaran. Jurnal Ilmiah

UNTAG Semarang. Vol. 8, No. 1, 52.

http://203.89.29.50/index.php/sa/article/view/1134. Diakses pada tanggal 2

Agustus 2020

Wahyuni, D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan

pendekatan matematika realistik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan).

Wati, D. N. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran

Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Pada Siswa Kelas I SDN Teguhan 02

Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Profesi

dan Keahlian Guru (JPKG), 1(3), 83-92.

Downloads

Published

2024-06-22