Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Lambang dan Simbol Pancasila melalui Teknik Reward
DOI:
https://doi.org/10.47178/rnc6gk81Keywords:
Teknik Reward, Pembelajaran PKn, PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran
pendidikan kewarganegaraan (PKn) dengan teknik reward pada kelas I SDN Tamban
muara baru. Adapun masalah yang ada di SDN Tamban muara baru ialah kurangnya
motivasi siswa dalam belajar. jenis peneliÍian ini adalah PTK dengan pola kolaboratif
adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Tamban muara baru dengan
jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan information melalui observasi, skala psikologi
dan catatan lapangan. Analisis information yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif Kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini adalah persentase
dari skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penghargaan
dalam pendidikan kewarganegaraan dapat mendorong siswa untuk belajar lebih banyak.
Dalam pembelajaran, ada dua cara untuk memberikan penghargaan: verbal dan
nonverbal. Penghargaan verbal terdiri dari kata-kata seperti "bagus, pintar, hebat" yang
diucapkan kepada siswa atas tindakan atau hasil belajar mereka. Penghargaan nonverbal
terdiri dari stempel "aku hebat" dan bintang yang ditempelkan pada papan juara.
Penghargaan nonverbal diberikan kepada siswa ketika mereka melakukan tugas dengan
baik dan aktif terlibat dalam pembelajaran.. Sebelum dilaksanakan proses perbaikan
pembelajaran hanya 51,01% siswa yang tuntas, memasuki awal siklus mendapatkan
peningkatan sebesar 72,12%, kemudian diakhir siklus jerjadi peningkatan yang
signifikan yakni 90,10%. Dengan nilai rata-rata siswa dari setiap siklus yakni prasiklus
56,9, awal siklus 78,2, dan meningkat pada akhir siklus sebesar 93,3 . Dengan
demikian, penggunaan teknik reward mampu menghasilkan prestasi yang baik pada
hasil pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, materi lambang dan simbol Pancasila
siswa kelas 1 SDN Tamban Muara Baru.
References
Auliyah, K. (2022). Implementasi Pemberian Reward Stiker dalam membentuk
karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar Islam Surya Buana Malang
(Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan
Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: journal of social
science and education,2(1), 71-84.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida
journal, 5(2).
Ika Aprilita, S., Naiborho, T. M., Sidabariba, D. D., & Pasaribu, D. (2022, July).
Implementasi pendidikan nilai moral dan karakter dalam pembelajaran PKN di
Sekolah Dasar. Seminar Nasional 2022-NBM Arts
Lestari, D., Vahlia, I., & Maharbid, D. A. (2023). Penerapan Model Cooperative
Learning TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Mata Pelajaran
IPS Materi Sumber Daya Alam: Cooperative Learning TGT, Hasil belajar.
Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-10.
Madiyanah, Ayuk Nur dan Himmatul Farihah. 2020. Meningkatkan Disiplin Anak
Usia Dini Melalui Pemberian Reward. Jurnal Teladan.Volume 5 No. 1, 24.
http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/122. Diakses pada
tanggal 20 Juni 2020
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diridan Motivasi
BelajardalamMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah
Kejuruan.Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(1), 110-117
Nurhayati. D(2018). Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan kewarganegaraan melalui teknik reward dan konsekuensi negative.
Jurnal pendidikan
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil
belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rosyid, Zaiful, Ulfaratur Fahmah dan Rofiqi. 2019. Reward & Punishment Konsep
dan Aplikasi. Malang: Literasi Nusantara
Suparmi, Vicy Septiawan. 2019. Rewarddan Punishmentsebagai pemicu kinerja
karyawan pada PT. Dunia Setia Sandang Asli IV Ungaran. Jurnal Ilmiah
UNTAG Semarang. Vol. 8, No. 1, 52.
http://203.89.29.50/index.php/sa/article/view/1134. Diakses pada tanggal 2
Agustus 2020
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan
pendekatan matematika realistik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan).
Wati, D. N. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran
Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Pada Siswa Kelas I SDN Teguhan 02
Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Profesi
dan Keahlian Guru (JPKG), 1(3), 83-92.