Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Himpunan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Di SMP Kelas VII Muhammadiyah Ambon
DOI:
https://doi.org/10.47178/bs6hs898Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, Model pembelajaran generatifAbstract
Salah satu tujuan mata pelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Pertama menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) ialah siswa memiliki kemampun memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan penyelesaian atau perhitungan dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Ambon tahun pelajaran 2022/2023 dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran generatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata adalah 70,26. Dimana dari 38 orang siswa terdapat 5 siswa yang berada pada kualifikasi sangat baik dengan presentase 13,16 %, 19 siswa berada pada kualifikasi baik dengan presentase 50%, dan 14 orang siswa berada pada kualifikasi cukup dengan presentase 36,84%.
References
Agustin, Mubiar. 2004. Permasalahn Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Rafika Aditama.
BSNP. 2006. Standar Isi. Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang.Skripsi.Universitas PGRI Palembang.
EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3. Nomor 2. Oktober 2015. hlm 166 – 175
Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. (Jakarta: Aditama. 2016). h.84 4 Ibid. h.85
Mawadah, (2015) dalam jurnal pendidikan matematika.volume 3. Nomor 2. Oktober 2015.Hlm 166-175
Miftahul Huda. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014). h.307
Novisita Ratu. A.S.M., 2019. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pangudi Luhur Salatiga Ditinjau dari Berpikir Kritis Volume 13. 1–8.
Siti Mawaddah dan Hana Anisah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP, EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 No 2. Oktober 2015. h.167
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta. 2016). h. 107
Suharsimi Arikunto.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara. 2013). Ed. 2, Cet. ke-3, h. 177.
Zainal Arifin. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2014). Cet. ke-3, h. 2.