Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di Kelas V SDN 155 Patudu Kecamatan Gandangbatu Sillanan

Authors

  • Sefrin Siang Tangkearung Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1842

Keywords:

Strategi guru, Interaksi sosial siswa

Abstract

Interaksi Sosial siswa di kelas V SDN 155 Patudu itu sudah baik di mana  siswa di kelas ini berani maju ke depan menjawab pertanyaan guru, tidak menyontek saat ulangan maupun tugas temannya, selalu kerja sama baik itu dalam kerja kelompok maupun dalam bekerja sama mengerjakan tugas piket harian, dan tidak menyuruh orang lain mengerjakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan  interaksi sosial siswa di kelas V SDN 155 Patudu, Kec. Gandangbatu Sillanan. Jenis penelitian yang di pakai pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa guru menggunakan tiga strategi untuk meningkatkan interaksi sosial siswa yaitu yang pertama strategi pembiasaan diantaranya siswa dibiasakan bertanggung jawab untuk mengerjakan sendiri tugasnya tanpa menyuruh orang lain atau mengancam orang lain untuk mengerjakan, yang kedua strategi nasihat, di mana siswa dinasihati jika ada siswa yang tidak mau kerja sama baik itu dalam kerja kelompok maupun dalam tugas piket harian, dan yang ketiga strategi keteladanan, di mana siswa di ajak atau diberi contoh dan dimotivasi untuk tidak malu-malu maju kedepan menjawab pertanyaan dari  guru dan harus berani menanyakan materi yang kurang dipahami.

Downloads

Published

2022-12-24