Analisis Pengaruh Alat Peraga Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v5i2.1841Keywords:
Bangun Ruang, Matematika, PengaruhAbstract
Alat peraga ialah suatu alat dalam proses pembelajaran disekolah yang sengaja dibuat dan dirancang untuk siswa. Dengan adanya alat peraga ini hal yang dlihat abstrak dapat diubah menjadi konkrit yang dapat dilihat secara nyata dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penting nya alat peraga ini dapat mempermudah pemahaman siswa dalam memahami mengenai konsep-konsep yang terdapat dalam matematika khususnya pada bangun ruang. Pengaruh alat peraga terhadap peningkatan hasil belajar siswa ini sudah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan alat peraga hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat berbeda yang meningkatkan hasil belajar siswa lebih efisien dan efektif. Setelah siswa melakukan proses pembelajaran dengan cara pengamatan melalui alat peraga yang diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran di sekolah maka, siswa yang sebelumnya tidak menyukai pelajaran matematika dengan bantuan alat peraga yang bermacam-macam bentuk akan membuat siswa menjadi menyukai dan menumbuhkan minat para siswa dalam melakukan pembelajaran matematika.