Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Mathematica dan Photomath Software Untuk Meningkatkan Problem Solving Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Zatman Payung Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yaya Kusuma Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endang Cahya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v5i1.1633

Keywords:

Mahasiswa PGSD, Pembelajaran Pecahan Beda Penyebut, Photomath, mathematica software, problem solving

Abstract

Sejak pandemi pembelajaran dilaksanakan dalam jaringan, masing-masing siswa dan guru belajar dalam waktu yang sama dan tempat yang berbeda jika tatap muka online dan belajar pada tempat dan waktu yang berbeda jika pemberian tugas. Begitu dalam pembelajaran matematika yang selama ini setiap guru mengajar harus menggunakan papan tulis sehingga sedikit kesulitan jikan melaksankan pembelajaran dalam jaringan. Namun teknologi sangat cepat memberikan solusi, tidak hanya fitur papan tulis digital yang ada tetapi berbagai aplikasi pembelajaran matematika juga telah ada, seperti software photomath dan matematica.  Siswa dilatih menggunakan software photomath dan matematica kemudian meminta siswa membuat kesimpulan hasil belajarnya. Metode penelitian mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptip untuk menggambarkan fenomena sesuai kenyataan dari dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan problem solving siswa meningkat berdasarkan bentuk kesimpulan yang diberikan. Mahasiswa calon guru sekolah dasar semakin temotivasi untuk belajar matematika dengan memanfaatkan software photomath dan mathematica. Software photomath dan mathematica juga dapat saling melengkapi untuk  mempermudah belajar dan pemahaman siswa.

Downloads

Published

2022-07-20