IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA KELAS V DI SDN 114 INPRES BATUPAPAN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v5i1.1630Keywords:
Kedisiplinan, Guru, Proses PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru kelas v dalam proses pembelajaran di SDN 114 Inpres Batupapan selama masa pandemi covid- 19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 114 Inpres Batupapan serta yang menjadi supjek penelitian yaitu guru kelas V. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dapat mendeskripsiksn dan memaparkan keadaan supjek penelitian secara alamiah atau nyata. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas V telah menlaksanakan kedisiplinan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid- 19 dengan baik hal ini terlihat pada beberapa aspek misalnya pertama, Pada kepatuhan guru terhadap tata tertib sekolah, kedua, Kepatuhan terhadap atasan, ketiga, Kepatuhan berpakaian seragam, dan Keempat, Tanggung jawab dimana guru kelas v telah menjalankan kedisiplinan tersebut dengan baik selama masa pandemi covid-19. Namun masih ada salah satu aspek yang belum terlaksana dengan maksimal misalnya pada aspek kelima Ketepatan waktu dalam proses pembelajaran serta hadir dan pulang dari sekolah dimana terkadang terlambat sehingga dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran tidak tepat waktu atau tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan