Berbagai Kendala Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v5i1.1497Keywords:
kendala, pembelajaran daring, pandemi covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa pada saat belajar dan mengajar. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan disini adalah penelitian kepustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, sehingga pengumpulan informasi serta data didapatkan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan pencarian data yang mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai sumber yang ada di perpustakaan diantaranya seperti buku, majalah, berita ataupun dukumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring adalah kurangnya pemahaman siswa ketika melakukan proses belajar daring, kurangnya akses internet sinyal bagi siswa yang bertempat tinggal didesa terpencil atau bisa dibilang pelosok. Hal ini dikarenakan siswa yang kurang paham dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru karena tidak bertatap muka langsung dan guru pun sulit untuk memantau perkembangan belajar siswa. Kendala yang lain juga terdapat seperti kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh siswa ketika belajar daring karena tidak semua siswa memiliki Smartphone ataupun komputer sebagai media pembelajaran ketika menggunakan daring, selain itu paket internet yang tidak bisa dijangkau oleh semua siswa.